Waspada! Hemoroid Adalah Penyakit yang Memiliki Gejala Mirip dengan Kanker

Hemoroid adalah penyakit yang memiliki beberapa gejala yang hampir mirip dengan keganasan atau kanker. Menurut penuturan dari dr.Indra Wijaya Putra, Sp.B dokter spesialis bedah Vena Wasir Center. Ia menyebutkan bahwa, perdarahan saat BAB merupakan gejala yang muncul pada hemoroid/ambeien dan juga keganasan. Melalui, live Instagram dalam akun @venawasircenter pada hari Jumat, tanggal 15 Juli 2022 kemarin, ia juga menambahkan bahwa benjolan juga menjadi gejala yang muncul pada keduanya. Lalu, bagaimana cara membedakan gejala ambeien dengan gejala pada keganasan? Simak selengkapnya dalam artikel berikut inI! 

Gejala pada penyakit hemoroid

Munculnya benjolan akibat pembengkakan pembuluh darah merupakan gejala utama dari ambeien. Meskipun begitu, ada beberapa gejala yang menyertai pada masalah hemoroid ini, di antaranya: 

  • Pada beberapa kasus, ambeien biasanya masih terletak di area dalam anus. Sehingga, hanya menimbulkan gejala seperti munculnya darah saat BAB 
  • Nyeri dan tak nyaman, terutama ketika benjolan sudah membesar 
  • Biasanya mengalami sembelit kronis atau diare 
  • Gatal, terutama jika benjolan sudah membesar 
  • Lembab dan muncul rasa perih ketika BAB/mengejan 

Meskipun begitu, dr.Indra menyebutkan bahwa gejala yang muncul bisa berbeda-beda pada setiap penderita ambeien. Tergantung dari tingkat keparahannya. 

Baca Juga: Bagaimana Makanan Bisa Memicu Hemoroid Pada Seseorang?

Gejala pada keganasan kanker

Sekilas, gejala yang terdapat pada ambeien memang memiliki beberapa kemiripan dengan gejala yang muncul pada keganasan/kanker, terutama kanker usus dan kanker anus. Dokter Indra menjelaskan bahwa ada dua gejala yang sangat mirip yaitu, perdarahan, dan benjolan di area anus. Mengutip dar Cancer Council (2021) menyebutkan bahwa ada beberapa gejala utama dari kanker usus dan kanker anus di antaranya: 

  • Muncul darah ketika penderitanya melakukan BAB 
  • Merasakan adanya benjolan di area anus atau rektum 
  • Terjadi perubahan pada kebiasaan BAB, seperti diare atau sembelit 
  • Adanya perubahan pada warna urin
  • Muncul rasa sakit dan kram pada perut 

Cara membedakan penyakit hemoroid dan kanker

Meskipun memiliki beberapa kemiripan dari segi gejala yang muncul, dr.Indra Wijaya Putra, Sp.B menyebutkan bahwa ada beberapa perbedaan di antara keganasan dan ambeien. Yang pertama, ia menyebutkan bahwa benjolan yang muncul pada ambeien biasanya berbentuk ungu kebiruan, agak lembek. Sedangkan, pada kanker anus, biasanya benjolan lebih keras. Selain itu, dr.Indra juga menyebutkan bahwa darah yang ada pada saat BAB bisa menjadi indikasi untuk mengetahui perbedaannya. Jika, darah yang ada pada ambeien umumnya aberwarna merah terang. Maka, darah yang berasal dari organ dalam (usus) biasanya berwarna lebih gelap atau kehitaman. Namun, beliau juga menambahkan bahwa, untuk mengetahui lebih tepat, sebaiknya penderita segeral melakukan pemeriksaan dengan dokter. 

Baca Juga: KENALI PERBEDAAN GEJALA WASIR DAN KANKER USUS

Pentingnya melakukan pemeriksaan dan konsultasi 

Dalam IG Live Jumat 15 Juli 2022 kemarin, dr.Indra Wijaya Putra, Sp.B juga menjelaskan pentingnya pemeriksaan pada penyakit hemoroid/ambeien. Menurut dr.Indra, pemeriksaan pada ambeien akan memudahkan penderita agar dapat segera melakukan pengobatan yang tepat pada ambeien. Selain itu, pemeriksaan juga dapat mendeteksi gejala jika ada penyakit keganasan di area anus/dubur. Sehingga, penanganan akan lebih cepat dan efektif. Salah satu metode pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit pada area anus adalah dengan menggunakan metode anoscopy. Alat ini memiliki bentuk seperti tabung terbuat dari bahan metal maupun plastic, biasanya terdapat kamera di alat tersebut untuk menghubungkan dengan komputer. Untuk mendeteksi kelainan di area anus secara lebih rinci. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now