penyakit wasir

Waspada! Pengendara Motor Lebih Rentan Terkena Penyakit Wasir!

Penyakit wasir atau ambeien merupakan masalah yang terjadi pada area anus akibat peradangan yang terjadi pada pembuluh darah di rektum atau di penghujung usus besar. Penyebab dari penyakit ambeien ini bermacam-macam. Meskipun pada umumnya karena pola hidup yang tak sehat. Namun, aktivitas sehari-hari juga bisa memicu timbulnya benjolan wasir pada seseorang, salah satunya berkendara dalam waktu yang lama. Inilah mengapa pengendara motor baik mobil lebih sering mengalami wasir dari yang lainnya.

Penyebab penyakit wasir pada pengendara

penyakit wasir

Salah satu yang menjadi penyebab munculnya penyakit wasir pada pengendara adalah akibat dari terlalu lama dalam posisi duduk. Ketika seseorang terlalu lama melakukan posisi ini, dapat menyebabkan terjadinya sembelit. Sehingga waktu untuk duduk di toilet pun menjadi lama dan menimbulkan tekanan berlebih pada pembuluh darah atau vena. Inilah yang menyebabkan pengendara lebih berisiko terkena penyakit ambeien yang dapat mengganggu aktivitas penderitanya.

Gejala pada penyakit wasir

Penyakit wasir atau ambeien ditandai dengan munculnya benjolan di area anus. Hal ini terjadi ketika pembuluh mengalami pembengkakan. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang pasien alami ketika mengalami ambeien atau wasir, seperti:

  • Nyeri dan perih di sekitar area dubur, terutama ketika duduk dan jongkok
  • Mengalami perdarahan ketika buang air besar
  • Biasanya mengalami sembelit atau diare
  • Gatal pada area benjolan atau sekitar anus. Biasanya terjadi ketika benjolan sudah membesar.
  • Pada beberapa kasus juga gejala disertai dengan rasa pusing.

Gejala di atas juga banyak terjadi pada pengendara yang mengalami wasir atau ambeien. Kegiatan untuk berkendara yang mengharuskan duduk lama juga menyebabkan rasa sakit atau nyeri semakin parah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Secara Alami dan Medis

Pengobatan yang tepat

Melakukan pengobatan yang tepat bisa kamu lakukan dengan melihat tingkat keparahan dan jenis wasir yang kamu alami. Untuk itu, cobalah untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli agar mendapatkan resep ataupun rekomendasi yang pas mengenai pengobatan yang tepat bagi wasir yang kamu alami. Namun, jika wasir/ambeien yang muncul belum terlalu parah kamu bisa mencoba mengobatinya dengan bahan alami seperti berendam dengan air hangat, mengompres dengan es batu, bahkan dengan mengoleskan gel lidah buaya. Akan tetapi hal tersebut hanya dapat mengurangi gejala pada wasir ringan. Jika sudah semakin parah, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli.

Mencegah wasir pada pengendara

Meskipun terdengar sangat menakutkan, kamu tetap bisa mencegah wasir datang meskipun aktif berkendara setiap hari dengan cara:

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti kacang tanah, jagung, pepaya, dan lainnya.
  • Selalu memenuhi kebutuhan mineral tubuh atau perbanyak minum air putih.
  • Melakukan olahraga setelah berkendara dengan jarak tempuh yang jauh.
  • Sebaiknya hindarilah makanan yang dapat memicu sembelit atau makanan yang rendah serat seperti pasta, susu, roti, dan lainnya.

Nah, itu dia beberapa pencegahan ambeien untuk yang memiliki rutinitas berkendara setiap hari. Selalu aktif bergerak dan penuhi kebutuhan harian gizi dapat membuat kamu tercegah dari penyakit wasir atau ambeien yang datang.

Baca juga: BAB Berdarah Adalah Gejala Wasir, Terapi Cukup 15 Menit

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now