Kenali Penyebab dan Gejala Ambeien Sedini Mungkin

 

Jika saat ini Anda sedang mengalami ketidaknyamanan saat duduk atau beraktivitas karena anus terasa gatal atau nyeri kemungkinan mengalami gejala ambeien. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan mereka menjadi penyebab timbulnya ambeien. Lalu apa penyebab sebenarnya dari ambeien?

Penyebab Ambeien atau Wasir

Ambeien adalah benjolan yang muncul saat pembuluh darah vena di anus mengalami peradangan atau pembengkakan. Kondisi ini dikenal oleh masyarakat awam sebagai wasir yang dalam istilah medisnya adalah hemoroid.

Benjolan ini bisa muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau di sekitar anus.

Pada kondisi normalnya, anus dapat berfungsi dengan optimal tanpa menimbulkan rasa nyeri atau ketidaknyamanan. Mungkin sesekali terasa nyeri ketika buang air besar. Namun, kondisi seperti itu tidak bertahan lama dan bisa hilang dengan sendirinya. Sementara wasir dapat menyebabkan nyeri yang lama.

Berikut penyebab ambeien:

  1. Sembelit kronis

Ambeien dapat disebabkan oleh kebiasaan mengejan terlalu keras ketika buang air besar. Terlebih lagi jika sedang mengalami sembelit kronis. Ketika mengalami sembelit, fungsi usus melemah sehingga mengakibatkan tekstur feses menjadi lebih padat dan keras.

Tekstur feses yang mengeras, tentunya akan sulit dikeluarkan membuat seseorang perlu mengejan. Tekanan yang terlalu kuat saat mengejan yang membuat pembuluh darah dalam rektum dan anus menjadi membengkak. Hal ini disebabkan oleh  pembuluh darah di anus terlepas dari otot dan ligamen yang seharusnya bertugas untuk menjaganya.

  1. Duduk dalam waktu yang lama

Salah satu penyebab ambeien adalah duduk dalam waktu yang lama. Hal ini bisa terjadi karena selama  duduk, pembuluh darah di sekitar anus banyak terisi darah. Darah yang menumpuk akhirnya akan memperbesar dinding pembuluh darah hingga membengkak.

Duduk terlalu lama di toilet saat buang air besar juga dapat menjadi salah satu penyebab wasir. Ketika duduk di toilet, posisi anus akan merenggang sehingga dinding pembuluh yang tipis semakin membesar.

Hal tersebutlah kemudian membuat jaringan, otot, serta pembuluh darah pada anus tertekan sehingga timbullah benjolan.

  1. Wanita hamil

Diperkirakan 35 persen wanita akan mengalami wasir selama masa kehamilannya.

Ini karena semakin bertambahnya usia kehamilan, rahim akan ikut membesar dan menekan panggul. Tekanan pada rahim ini kemudian menekan pembuluh darah di usus besar dan vena cava inferior.

Vena cava inferior adalah pembuluh besar yang terdapat di sisi kanan tubuh yang memiliki tugas menerima darah yang mengalir dari bagian bawah tubuh.

Peningkatan tekanan dan ukuran rahim kemudian akan menghambat aliran darah kembali ke jantung, sehingga mengakibatkan pembuluh darah di bawah rahim dan anus membesar. Kondisi inilah yang jadi penyebab wasir.

Kontraksi selama proses persalinan juga dapat menyebabkan otot-otot di sekitar anus akan menegang. Hal tersebutlah menjadi salah satu alasan mengapa wanita mengeluhkan  ambeien setelah melahirkan.

  1. Sering mengangkat benda berat

Terlalu sering mengangkat benda berat dapat memicu pembuluh darah di bagian anus menegang yang nantinya tanpa sadar menghambat aliran darah di sekitar anus dan mengakibatkan benjolan ambeien.

  1. Usia

Ambeien sebenarnya dapat dialami oleh siapa saja dari berbagai usia. Diperkirakan sekitar setengah dari populasi orang dewasa berusia 50 tahun akan mengalami ambeien.

Tanda dan Gejala Ambeien

  • Rasa gatal atau tidak nyaman di sekitar anus.
  • Iritasi dan nyeri di sekitar anus.
  • Muncul benjolan atau pembengkakan yang terasa sakit di sekitar anus.
  • Sakit saat buang air besar.
  • Timbul perdarahan selama buang air besar.

Gejala ambeien tidak selalu sama.

Jenis Ambeien

  1. Wasir internal

Seperti namanya, wasir alias ambeien ini terletak di dalam anus.

  1. Wasir eksternal

Kebalikan dari wasir internal, wasir eksternal muncul di bawah kulit di sekitar anus.

  1. Wasir trombosis

Wasir trombosis terjadi ketika terbentuk gumpalan darah pada wasir eksternal, yang menimbulkan benjolan, pembengkakan, atau peradangan, dan disertai dengan rasa sakit parah di sekitar anus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now