Manfaat apel bagi kesehatan

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

Manfaat apel bagi kesehatan tubuh dan pencernaan sudah banyak diketahui orang. Namun, tidak hanya menyehatkan saja manfaat apel juga dapat dirasakan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi apel dengan jumlah tertentu dapat mengenyangkan.

Buah apel adalah salah satu buah paling populer di dunia.  Buah apel kaya akan serat, vitamin C, dan berbagai antioksidan. Biasanya apel dimakan langsung, tapi Anda juga dapat mengonsumsinya dengan cara dijus.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Apel

Kandungan nutrisi dalam buah ini yang dihitung per 100 gram, yaitu:

  • Kalori:52
  • Air: 86%
  • Protein: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 13,8 gram
  • Gula: 10,4 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 0,2 gram

Manfaat Apel Bagi Kesehatan

Membantu menurunkan berat badan

Memiliki kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah, buah ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu menurunkan berat badan.

Dalam satu penelitian selama 12 minggu , wanita yang diinstruksikan untuk makan 1,5 apel besar (300 gram) per hari kehilangan 2,9 pon (1,3 kg) selama penelitian.

Buah ini dapat menjadi tambahan yang berguna untuk diet penurunan berat badan, terutama jika dimakan sebelum makan.

Penurunan berat badan dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal, khususnya bagi penderita obesitas. Obesitas yang dibiarkan berisiko memicu berbagai penyakit dari ringan hingga terberat, seperti wasir hingga penyakit jantung.

Namun, Anda tetap perlu memperhatikan cara menurunkan berat badan yang baik. Caranya dengan menjalani pola makan bergizi seimbang, agar kebutuhan nutrisi pada tubuh terpenuhi dan melakukan olahraga.

Baca juga: Penyakit Yang Disebabkan Oleh Obesitas, Wasir Salah Satunya

Membantu melancarkan pencernaan

Buah apel  kaya akan serat  larut dan tidak larut yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Kandungan serat dan antioksidan terbanyak berasal dari kulit apel.

Selain itu, kandungan pektin dalam apel dapat membantu bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga dapat memelihara kelancaran fungsi sistem pencernaan.

baca juga: Manfaat Cuka Apel

Membantu mengontrol gula darah dan diabetes

Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi apel dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi dari diabetes.

Kandungan fitonutrien pada apel membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dengan mencegah peningkatan gula darah dengan merangsang sel pankreas untuk memproduksi insulin. Kemudian, menghambat enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah karbohidrat menjadi gula sederhana dan membantu mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Kandungan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan pankreas. Namun, Anda perlu tetap berhati-hati dan rajin memeriksa kadar gula darah jika memiliki diabetes.

Membantu mencegah kanker

Apel yang berwarna merah mengandung antosianin yang memiliki sifat anti-radang dan anti-kanker. Selain itu turut berperan dalam menjaga kesehatan penglihatan dan membantu mencegah penurunan fungsi saraf pada usia tua.

Dalam sebuah studi, mengungkapkan kandungan fitonutrien pada apel membantu melindungi tubuh hewan dari kanker paru-paru dan kanker usus.

Salah satu flavonol di apel  dapat mencegah dan mengurangi risiko memicu kanker pankreas. Studi lainnya, menyebutkan jika rutin mengonsumsi satu buah apel setiap hari dapat membantu menurunkan risiko memicu kanker kolorektal sebasar 20% dan kanker payudara sebesar 18%.

Namun, tetap perlu dilakukan banyak penelitian terkait hubungan mengonsumsi apel dengan melawan sel kanker.

 

Nah, agar Anda dapat merasakan manfaat apel disarankan untuk tidak memakan bijinya. Biji apel ternyata mengandung racun sianida bila dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Selain itu, jangan lupa mencuci kulitnya sebelum dimakan untuk menghilangkan pestisida.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now