Terapi Wasir Ditanggung Asuransi

Biaya Operasi Wasir Mahal? Yuk Cari Tahu!

Biaya operasi wasir seringkali menjadi kekhawatiran penderita wasir. Padahal, operasi wasir menjadi satu-satunya cara yang efektif untuk mengobati wasir saat kondisi wasir menjadi parah.

Wasir dapat dikatakan parah saat terjadi perdarahan yang tidak kunjung berhenti atau saat benjolan wasir tidak dapat didorong kembali masuk ke dalam anus. Kondisi ini apabila tidak segera dilakukan tindakan operasi, dikhawatirkan akan semakin parah. Wasir menjadi penyebab  anemia.

Tindakan operasi dilakukan saat obat medis tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Operasi/ Bedah Wasir

Ada beberapa pilihan pembedahan untuk mengobati penyakit ini, yaitu sebagai berikut:

Ligasi Gelang Karet

Prosedur ini melibatkan penggunaan pita atau gelang karet untuk membatasi suplai darah ke pangkal wasir daerah yang mengalami wasir.

Koagulasi

Teknik ini digunakan untuk mengobati perdarahan pada wasir internal. Dalam metode ini, dokter akan menggunakan arus listrik atau sinar infra merah untuk membuat jaringan parut pada wasir. Jaringan ini akan membatasi suplai darah ke wasir.

Skleroterapi

Prosedur ini dilakukan dokter dengan menyuntikkan larutan kimia ke dalam wasir internal. Tujuannya adalah membantu menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf mati rasa di sekitar area wasir, sehingga terbentuk jaringan parut yang menyulitkan darah mengalir ke daerah wasir.

Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah operasi untuk mengangkat wasir. Sayatan dibuat di jaringan sekitar wasir. Pembengkakan vena di dalam wasir diikat untuk mencegah pendarahan, dan wasir dihapus. Area bedah dapat dijahit tertutup atau dibiarkan terbuka.

Stapler Wasir

Metode ini hanya bisa digunakan untuk wasir internal yang sudah parah dan tidak dapat digunakan untuk wasir eksternal. Dokter menggunakan alat khusus untuk menjepit wasir ke posisi normal di dalam lubang anus. Dengan cara tersebut, suplai daerah ke lokasi wasir semakin terbatas, sehingga ukuran wasir semakin mengecil.

Baca juga: Hemoroidektomi Harapan Terbaik Penderita Wasir

 Biaya Operasi Wasir

Salah satu yang menentukan biaya operasi wasir adalah alat yang digunakan. Selain itu, tempat melakukan operasi juga menjadi alasan penentuan biaya operasi wasir yang dibutuhkan.

Tentunya, biaya operasi wasir di rumah sakit dengan di klinik wasir akan berbeda. Biasanya, operasi wasir di rumah sakit membutuhkan biaya yang cukup mahal dan ada yang membutuhkan rawat inap.

Sebagai contoh biaya operasi wasir di klinik wasir Vena Wasir Center bisa setengahnya dari rumah sakit. Hal ini berdasarkan pengakuan salah satu pasien wasir yang sudah berobat dan melakukan tindakan di Vena Wasir Center.

“Biaya nya jauh banget, terjangkau. Sebelum ke sini (Vena Wasir Center) saya tuh ke rumah sakit. Saya minta rincian harganya berkisar sekitar 16 juta,” ujar Ina.

baca juga: Klinik Wasir Dengan Teknologi Terbaik

 Perawatan Setelah Operasi Wasir

Dalam kebanyakan kasus, pemulihan penuh memungkinkan membutuhkan waktu dalam satu sampai tiga minggu. Rasa nyeri pasca-operasi wasir wajar terjadi. Biasanya dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit. Beberapa perawatan pasca-operasi wasir yang perlu dilakukan, seperti berikut:

  1. Istirahat yang Cukup

Pasien dianjurkan untuk beristirahat selama 2-3 hari. Setelah itu, pasien dapat beraktivitas seperti biasanya hanya saja jangan melakukan aktivitas yang berat.

  1. Jangan Mengejan Saat Bab

Pasca-operasi wasir, biasanya dokter akan menyarankan untuk buang air besar (BAB) saat benar-benar merasa mulas. Jangan mengejan terlalu keras.

  1. Berendam Air Hangat

Lakukan berendam air hangat atau sitz bath sehari tiga kali dengan campuran bubuk PK (Kalium Permanganat) selama 15 menit di mimggu pertama. Di minggu kedua cukup lakukan sehari satu sampai dua kali saja.

  1. Konsumsi Makanan Lunak yang Mudah Dicerna

Satu minggu pertama pasien hanya boleh mengonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti bubur. Hindari mengonsumsi makanan yang keras. Makanan keras akan sulit dihancurkan dalam sistem pencernaan dan feses menjadi keras. Feses yang terlalu keras dapat membuat kondisi anus dan rektum yang baru dioperasi mengalami masalah seperti perdarahan akibat luka terbuka.

  1. Perawatan Luka

Setelah melakukan operasi wasir, pasien perlu melakukan perawatan luka pasca-operasi. Hal ini bertujuan untuk meringankan nyeri pasca-operasi dan mempercepat proses penyembuhan. Selain berendam air hangat dengan menggunakan larutan bubuk PK, dokter biasanya akan menyarankan untuk mengompres luka dengan kassa dan obat merah.

 

Komplikasi serius setelah operasi sangatlah jarang terjadi. Namun, jika mengalami perdarahan yang parah, segeralah ke dokter.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now