Hemoroidektomi Harapan Terbaik Penderita Wasir

Operasi wasir akan disarankan dokter jika pengobatan dan penanganan lain untuk wasir telah dicoba dan tidak berhasil. Berikut ini beberapa prosedur operasi wasir atau dikenal hemoroidektomi, diantaranya:

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Hemoroidektomi

Dikatakan oleh Dr. Retno Putri Arini, SpB, hemoroidektomi adalah operasi untuk mengangkat wasir. Sayatan dibuat di jaringan sekitar wasir. Pembengkakan vena di dalam wasir diikat untuk mencegah pendarahan, dan wasir dihapus. Area bedah dapat dijahit tertutup atau dibiarkan terbuka.

Prosedur hemoroidektomi, dapat dilakukan dengan pisau (pisau bedah), alat yang menggunakan listrik (pensil kauter), atau laser. Pasien kemungkinan besar akan pulang pada hari yang sama (rawat jalan) tanpa harus melakukan rawat inap.

Prosedur lain menggunakan alat stapler melingkar untuk mengangkat jaringan hemoroid dan menutup luka. Orang yang menjalani operasi stapler mungkin memiliki lebih sedikit rasa sakit setelah operasi daripada orang yang melakukan operasi wasir konvensional. Pada prosedur stapler ini angka kekambuhan juga lebih besar dibandingkan dengan teknik yang lain. Proses penyembuhan menggunakan teknik ini memerlukan waktu kurang lebih 3 minggu.

Hemoroidektomi dengan pemandu Doppler merupakan prosedur medis yang menggunakan lingkup dengan pemeriksaan khusus untuk menemukan arteri hemoroid sehingga lebih sedikit jaringan yang diangkat.

Tanpa Rawat Inap Setelah Operasi

Tepat setelah operasi, ketika Anda masih di bawah anestesi, Anda akan diberikan anestesi lokal jangka panjang. Jika Anda tidak akan menginap di rumah sakit setelah operasi, Anda akan pergi hanya setelah anestesi habis dan Anda telah buang air kecil. Ketidakmampuan untuk buang air kecil (retensi urin) kadang-kadang terjadi karena pembengkakan (edema) pada jaringan atau kejang otot-otot panggul. Sangat disarankan untuk tidak membawa kendaraan sendiri.

Perawatan Setelah Operasi

Paska tindakan operasi, dokter akan meresepkan beberapa obat anti nyeri. Jika dokter memberi Anda resep obat untuk mengatasi rasa sakit, minumlah sesuai resep. Tanyakan kepada dokter Anda obat-obatan bebas apa yang aman untuk Anda. Munculnya pendarahan paska operasi merupakan kondisi normal, terutama ketika buang air besar pertama setelah operasi.

Selama beberapa hari setelah operasi, minum cairan dan makan makanan seperti (nasi, pisang, roti kering atau biskuit, saus apel). Kemudian Anda dapat kembali ke makanan biasa dan secara bertahap meningkatkan jumlah serat dalam makanan Anda. Anda dapat menggunakan obat penghilang nyeri sebelum dan sesudah buang air besar untuk menghilangkan rasa sakit. Pemberian kompres dingin/ es yang dioleskan ke daerah anus dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Berendam dalam air hangat (bath sitz) membantu menghilangkan rasa sakit dan kejang otot. Dokter mungkin menyarankan agar Anda mengkonsumsi antibiotik (seperti metronidazole) setelah operasi untuk mencegah infeksi dan mengurangi rasa sakit. Dokter juga menyarankan obat-obat pelunak tinja yang mengandung serat untuk membantu gerakan usus Anda lancar. Tidak disarankan untuk mengejan saat buang air besar, karena dapat menyebabkan wasir muncul kembali.

Pemeriksaan lanjutan dengan dokter spesialis bedah biasanya dilakukan 2 hingga 3 minggu setelah operasi untuk memeriksa kondisi pasien, paska tindakan hemoroidektomi. Hemoroidektomi tepat dilakukan saat Anda memiliki:

  1. Wasir internal yang sangat besar.
  2. Wasir internal yang masih menimbulkan gejala setelah perawatan non-bedah.
  3. Wasir luar yang besar menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan dan membuat area anal sulit dibersihkan.

Efektivitas Hemoroidektomi

Pembedahan umumnya mampu mengatasi masalah wasir Anda. Tetapi keberhasilan jangka panjang dari operasi wasir sangat tergantung pada seberapa baik Anda dapat mengubah kebiasaan buang air besar, menghindari sembelit dan mengejan. Dari kepustakaan yang ada, sekitar 5 dari 100 orang akan kambuh (memiliki wasir) kembali setelah tindakan operasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now