cara menghilangkan ambeien setelah melahirkan

Cara Menghilangkan Ambeien Setelah Melahirkan!

Cara menghilangkan ambeien merupakan salah satu kendala bagi sebagian orang, terutama pada para wanita yang baru melahirkan. Mengutip dari University of Rochester Medical Center (2021) menyatakan bahwa wasir adalah pembengkakan menyakitkan pada vena di area rektum. Saat mengandung, hingga setelah melahirkan, banyak wanita yang mengalami permasalahan ini. Gejalanya sendiri meliputi nyeri, gatal pada dubur, pendarahan setelah buang air besar, atau pembengkakan di area sekitar anus. Masalah ini dapat terjadi pada wanita hamil akibat pengaruh dari hormon, tekanan di dalam, hingga konstipasi atau sembelit. Selain itu, proses persalinan normal seperti mendorong bayi keluar dari rahim juga bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi menonjol keluar dari anus sehingga menyebabkan ambeien.

Gejala ambeien pada wanita setelah melahirkan

cara menghilangkan ambeien setelah melahirkan

Ada beberapa gejala/tanda ambeien yang sering terjadi pada wanita yang sudah melahirkan. Akan tetapi, gejala yang muncul juga biasanya berbeda, tergantung dari jenis ambeien yang menyerang. Kedua ambeien tersebut adalah ambeien interna (benjolan terletak di dalam anus) dan ambeien eksterna (benjolan daging terletak di luar anus). Gejala tersebut di antaranya:

  • Jika ambeien berada di dalam anus, maka penderita akan mengalami proses buang air besar yang berdarah
  • Nyeri pada bagian anus, umum terjadi penderita yang mengalami ambeien yang terletak di luar anus.
  • Gatal dan sensasi panas pada anus.
  • Sembelit, terutama pada penderita ambeien dalam. Di mana, feses bisa tertahan di rektum akibat adanya benjolan.

Selain gejala di atas, ambeien juga seringkali menimbulkan rasa stres atau depresi pada wanita yang telah melahirkan. Sehingga, harus segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara menghilangkan ambeien di rumah

Mengutip dari jurnal kesehatan Verywell Health Family (2021) menyebutkan bahwa, ada beberapa cara yang bisa penderita lakukan untuk mencoba mengurangi gejala pada ambeien. Akan tetapi, pengobatan di um aini hanya dapat penderita lakukan untuk mengurangi gejalanya saja, seperti:

  • Kompres dengan air dingin di area benjolan, jika benjolan ambeien sudah terlihat ke luar.
  • Bersihkan area anus secara rutin, jangan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol karena akan berisiko menimbulkan iritasi.
  • Rendam duduk dengan air hangat mampu meredakan nyeri pada area benjolan. Lakukanlah hal ini setidaknya 20 menit dalam satu hari.
  • Konsumsi makanan tinggi serat agar membantu memperlancar feses yang keluar.
  • Lakukan senam kegel setelah melahirkan.
  • Jangan menahan buang air besar. Segeralah ke kamar mandi jika serasa sudah ingin melakukan BAB.

Jika kamu sudah mencoba semua pengobatan sederhana seperti di atas, akan tetapi gejala pada ambeien masih saja ada bahkan memburuk. Maka, artinya kamu harus segera melakukan pemeriksaan terkait kendala tersebut dengan dokter ahli.

Cara menghilangkan ambeien dengan cara medis

Ada beberapa cara menghilangkan ambeien dengan cara medis yang dapat penderita lakukan. Pengobatan medis yang ada di klinik Vena Wasir Center ini menggunakan metode terkini sehingga aman untuk wanita yang sudah melahirkan. Metode pengobatan di Vena Wasir Center ini di antaranya menggunakan metode modern seperti, PILA, Laser hemorrhoidoplasty, hingga radiofrekuensi. Yang minim nyeri, minim risiko, minim perdarahan, dan bisa langsung aktivitas setelah tindakan.

Baca juga: Biaya Operasi Ambeien di Vena Wasir, Apakah Terjangkau?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now