Ambeien Pecah, Segera Lakukan Pengobatan Ini!

Ciri Ambeien Luar dan Skin Tag Sesudah Melahirkan, Lihat Gejalanya!

Ciri ambeien luar yang muncul setelah melahirkan biasanya ditandai dengan munculnya benjolan pada kulit sekitar anus. Namun, para ibu yang sudah melahirkan terkadang merasa bingung, apakah benjolan yang terdapat di area anus selalu berkaitan dengan ambeien/wasir. Mengutip dari website artikel Parents (2021) menyebutkan bahwa benjolan setelah melahirkan normal merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Meskipun sebagian besar benjolan muncul akibat adanya wasir luar. Namun, para ibu yang sudah melahirkan juga perlu waspada terhadap gejala atau tanda dari penyakit lainnya. 

4 penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan di anus 

Ciri Ambeien Luar dan Skin Tag Sesudah Melahirkan, Lihat Gejalanya!

Kondisi melahirkan atau pun pasca melahirkan merupakan kondisi yang cukup sensitif. Karena perubahan bentuk tubuh pada ibu hamil maupun setelah melahirkan, akan menyebabkan munculnya masalah kesehatan lainnya. Salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu adalah munculnya benjolan yang terdapat di area anus. Merangkum dari beberapa jurnal dan artikel kesehatan, berikut adalah beberapa penyakit yang sering berkaitan dengan benjolan yang muncul di anus pasca melahirkan, di antaranya: 

  • Wasir luar 

Mengutip dari Cleveland Clinic (2021) menyebutkan bahwa hemoroid atau wasir merupakan masalah yang paling umum yang terjadi pasca melahirkan. Bahkan, sebuah studi menunjukan bahwa 28% hingga 48% wanita yang telah melahirkan melaporkan adanya gejala wasir luar pada 4 minggu pertama setelah melahirkan. 

  • Skin tags

Tumbuhnya daging dari pembuluh darah dan kolagen di lapisan luar kulit terkenal dengan nama skin tag. Kondisi ini merupakan masalah umum yang sering terjadi pada ibu hamil maupun para wanita yang sudah melahirkan. Pada umumnya, benjolan skin tag ini berukuran cukup kecil yaitu, sekitar 1 hingga 2 milimeter saja. Berbeda dengan wasir, skin tag biasanya tak akan menimbulkan rasa nyeri. 

  • Abses atau bisul nanah 

Benjolan abses yang muncul di area anus setelah melahirkan biasanya memiliki tanda yang khas, yaitu terdapat nanah di dalam benjolan tersebut. Selain itu, abses juga bisa muncul akibat adanya infeksi akibat robeknya jaringan anus setelah melahirkan. Jika, tidak teratasi maka abses bisa memicu penyakit fistula ani (munculnya terowongan dari usus ke kulit anus. Penyakit fistula ini lebih menyakitkan dan dapat sangat mengganggu penderitanya. 

  • Tumor jinak 

Benjolan yang terdapat di area anus atau tepi anus bisa juga merupakan tanda dari munculnya tumor jinak. Biasanya, benjolan tumor relatif lebih keras dibanding dengan benjolan wasir atau ambeien. Jika, tidak segera teratasi, tumor dapat berkembang menjadi kanker anus. 

Baca juga: Jangan Sepelekan Gejala Fisura Ani, Robeknya Jaringan Anus!

Ciri membedakan wasir luar dengan penyakit lainnya 

Meskipun ada beberapa kemungkinan penyakit lainnya, namun sebagian besar benjolan yang muncul pasca melahirkan adalah akibat adanya wasir luar. Nah, agar tidak salah mengartikan benjolan wasir, yuk simak ciri benjolan wasir dengan benjolan pertanda penyakit lainnya, di antaranya: 

  • Benjolan berwarna merah keunguan 
  • Biasanya benjolan akan muncul setelah melakukan proses buang air besar, lalu bisa hilang kembali selama beberapa saat 
  • Biasanya muncul beserta darah berwarna merah terang 
  • Benjolan wasir biasanya menimbulkan nyeri saat penderitanya duduk atau mengejan

Nah, itu dia beberapa tanda atau ciri dari wasir luar setelah melahirkan. Namun, untuk mendeteksi benjolan yang tepat. Maka, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter spesialis bedah terbaik di klinik Vena Wasir Center. 

 

Baca juga: Makanan Berserat Tinggi untuk Mengatasi Gejala Wasir Stadium 4

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now