Operasi Ambeien Perlukah? Metode PILA Bisa Jadi Solusinya

Operasi ambeien  begitu mendengar kata operasi seringkali membuat pasien ambeien merasa takut sehingga kebanyakan dari mereka akan mencari pengobatan alternatif atau pengobatan alami. Metode PILA menjadi salah satu metode pengobatan ambeien tanpa operasi terkini.  Kehadiran metode PILA ini, dapat  menjadi solusi bagi Anda penderita ambeien yang takut dengan operasi.

Gejala utama akibat ambeien ini adalah keluhan buang air besar berdarah. Biasanya sering dianggap sepele.

Ambeien atau Wasir

Ambeien atau wasir  atau hemoroid ini merupakan kondisi yang ditandai dengan adanya pelebaran pembuluh darah vena pada area anus.

Penyebab ambeien ini umumnya kebiasaan mengejan berkepanjangan akibat feses yang keras atau juga bisa akibat duduk terlalu lama. Hal tersebut lama-kelamaan membuat aliran darah di daerah anus menjadi tidak lancar.

Faktor lain yang diduga dapat memicu timbulnya wasir ini adalah obesitas atau kegemukan, kehamilan, batuk kronis, usia, dan kebiasaan mengangkat beban berat.

Wasir tak pandang bulu, dapat menyerang segala usia. Namun seringnya menyerang usia produktif sekitar 20 tahun sampai usia lanjut.

Apa Sih Gejala ambeien?

Kadang wasir ini tidak menimbulkan gejala atau hanya bersifat ringan. Untuk mengenalinya, Anda perlu tahu gejala wasir adalah:

  • Buang air besar berdarah (berwarna merah terang)
  • Adanya lendir setelah buang air besar
  • Anus menjadi bengkak atau ada benjolan kecil yang tumbuh
  • Sekitar anus terasa nyeri, gatal dan kemerahan.

Wasir juga dapat terbagi berdasarkan tingkat keparahannya atau stadiumnya, yaitu:

1: ada darah yang keluar dari anus

2: timbul bengkak sehingga ada yang menonjol keluar dari anus, namun benjolan ini masih dapat kembali masuk

3: tonjolan sudah keluar dan dapat masuk kembali dibantu dengan jari

4: tonjolan yang ada sudah tidak dapat masuk kembali sehingga mengakibatkan nyeri.

Tanpa Operasi Ambeien Dengan Metode Pila

operasi ambeien dengan pila

Untuk tahap awal, dokter akan memberikan obat-obatan tertentu yang mungkin dapat mengatasi gejala wasir Anda. Namun bila dengan obat-obatan wasir Anda masih tetap membandel, kemungkinan dokter akan merekomendasikan terapi lain, yakni operasi.  Untuk Anda yang merasa takut dengan operasi, kini tak perlu lagi takut. Berkat kemajuan teknologi medis, saat ini sudah ada pengobatan wasir tanpa operasi.

Pengobatan wasir tanpa operasi ini adalah metode PILA (Paran’s Injection and Ligation for Ambeien). PILA merupakan terapi yang mengombinasikan injeksi skleroterapi dan ligasi gelang karet (rubber band ligation).

Rubber band ligation merupakan prosedur dengan menempatkan karet pengikat sekitar jaringan hemoroid interna sehingga aliran darah ke jaringan tersebut menjadi berkurang. Akhirnya, akan   menyebabkan hemoroid atau wasir tersebut mati dan lepas.

Teknik di lakukan pada pasien dengan posisi bersujud dan dokter melakukan bius lokal. Kemudian dokter akan memberikan injeksi skleroterapi terlebih dahulu kemudian memasukkan alat yang berujung karet untuk mengikat benjolan pada anus. Ketika alat sudah masuk, maka karet akan dilepaskan yang secara otomatis mengikat benjolan yang ada. Nantinya benjolan wasir akan mati dan keluar dengan sendirinya karena tidak ada lagi aliran darah pada area tersebut.

Tanpa Operasi Ambeien Dapat Ditangani Dengan Pila

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk area anus untuk menilai kondisi wasir yang Anda alami. Salah satunya adalah dengan digital rectal examination (DRE) untuk menyingkirkan penyakit lain yang mungkin mirip dengan wasir.

Target PILA ini adalah wasir stadium 1, 2, dan 3. Keunggulannya juga banyak, antara lain efek samping minimal, tanpa rawat inap, tindakannya cukup simpel, dan waktu tindakan juga singkat tidak sampai 60 menit. Bahkan seusainya, Anda bisa langsung beraktivitas. Namun hal ini bergantung pada kondisi masing-masing dan sebaiknya ikuti petunjuk dokter. Keistimewaan PILA lainnya adalah nyeri pasca-tindakan minimal, biaya terjangkau dan tak ada nyeri yang berkepanjangan.

Berapa biaya PILA? Jawabnya adalah cukup terjangkau. Walaupun memang ini relatif. Namun mengingat manfaat PILA ini bisa membantu memperbaiki kualitas hidup penderita wasir, mungkin bisa jadi PILA ini adalah solusi terbaik untuk wasir Anda.

Tetap Sehat Tanpa Wasir

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan secara menyeluruh yang bisa juga membantu mencegah wasir. Caranya adalah dengan:

-makan makanan berserat tinggi,

-banyak minum air putih,

-mencegah sembelit, mencegah diare,

-menghindari jongkok terlalu lama di kloset,

-rutin berolahraga

-hindari jenis makanan tertentu, seperti cabai, merica, dan lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now