Makanan Penyebab Ambeien Selalu Kambuh!

Daging Merah Bisa Jadi Penyebab BAB Berdarah Pada Penderita Wasir!

Penyebab BAB berdarah pada penderita wasir biasanya berasal dari benjolan yang terdapat di luar maupun di dalam anus. Banyak yang salah menyalahartikan pendarahan BAB saat ambeien/wasir merupakan tanda pada ambeien yang sudah memburuk. Padahal, ambeien yang terletak di dalam anus pun terkadang mengalami gejala seperti mengeluarkan darah ketika BAB. Mengutip dari jurnal artikel kesehatan dengan judul “Hemorrhoid” oleh Moch. Agus (2017)

Penyebab BAB berdarah saat wasir

Penyebab BAB Berdarah

BAB berdarah saat wasir merupakan hal yang normal dan banyak terjadi. Namun, bukan berarti penderitanya boleh menyepelekan masalah tersebut. Hal ini karena, pendarahan yang terjadi saat BAB akibat wasir dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan penderitanya. Salah satu komplikasi akibat pendarahan saat BAB berdarah adalah anemia hingga infeksi pada anus. Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi penderita agar mengetahui penyebab utamanya terlebih dahulu. Merangkum dari jurnal berjudul “Hemorrhoid” berikut adalah beberapa penyebab pendarahan ketika proses buang air berdarah pada penderita wasir, di antaranya:

  • Akibat mengejan terlalu keras

Mengejan terlalu keras pada saat proses buang air besar bisa menjadi penyebab utama munculnya darah saat penderitanya melakukan proses buang air besar.

  • Kurang minum air putih

Kekurangan mineral di dalam tubuh dapat membuat penderita wasir lebih sulit untuk mengeluarkan fese. Hal ini dapat memicu sembelit kronis yang berujung pada munculnya darah saat BAB.

  • Kurang mengonsumsi makanan berserat

Sama halnya dengan kurang minum air putih, kekurangan konsumsi makanan berserat juga dapat membuat feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Ini dapat memicu timbulnya sembelit dan perdarahan saat BAB.

  • Mengonsumsi makanan tertentu

Konsumsi makanan sangat memengaruhi kondisi wasir seseorang. Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan munculnya sembelit yang bisa picu perdarahan pada benjolan ambeien. Salah satu makanan yang terkenal sebagai pantangan bagi penderita ambeien adalah daging merah.

Daging merah sebaiknya tak dikonsumsi saat wasir

Mengutip dari web artikel Healthline (2019) menyebutkan bahwa daging merah merupakan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, proses pencernaan pada daging merah membutuhkan waktu yang lama. Sehingga dapat memicu timbulnya masalah konstipasi atau sembelit. Terlebih, masalah sembelit pada penderita wasir ini dapat memicu banyak masalah. Selain memperburuk kondisi wasir, sembelit juga penyebab utama munculnya pendarahan saat proses buang air besar. Oleh karena itu, daging merah sebaiknya tak penderita wasir konsumsi saat terkena wasir, atau saat setelah melakukan tindakan wasir.

Baca juga: Cek Biaya Operasi Ambeien Terbaru di Sini!

Makanan yang meredakan pendarahan saat wasir

Untuk meredakan masalah pendarahan saat wasir kunci utamanya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Berikut, adalah beberapa makanan yang baik untuk para penderita wasir, di antaranya:

  • Biji-bijian utuh seperti roti gandum dan oat sangat baik untuk para penderita wasir.
  • Sayuran seperti brokoli, seledri, dan timun juga sangat baik bagi pencernaan.
  • Buah-buahan pepaya, apel, anggur, dan buah pir juga mengandung banyak mineral sehingga sangat baik bagi pencernaan.
  • Perbanyak minum air putih

Vena Wasir Center solusi masalah wasir

Jika kamu memiliki masalah wasir yang tak kunjung sembuh, maka kamu bisa datang ke klinik Vena Wasir Center untuk melakukan pengobatan masalah wasir. Semua pengobatan di klinik Vena Wasir Center menggunakan metode modern yang minim nyeri dan tanpa rawat inap. Untuk informasi lebih lanjut, silakan datang langsung ke klinik atau menghubungi nomor yang terdapat pada helpline di website Vena Wasir Center.

 

Baca juga: Ternyata Pemeriksaan Wasir Sebelum Melahirkan Itu Penting Loh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now