mengobati ambeien

Kesalahan Umum Penderita dalam Mengobati Ambeien

Mengobati ambeien memang tidak mudah. Meskipun ada beberapa pengobatan yang bisa penderita lakukan untuk mengurangi gejalanya. Namun, biasanya ambeien akan datang kembali dengan gejala yang lebih parah.

Selain karena pola hidup dan kondisi tertentu yang bisa membuat ambeien datang kembali. Ada beberapa kebiasaan yang sering penderita ambeien lakukan yang justru dapat memperparah penyakit ambeien. Apa saja kebiasaan itu? Apakah kamu termasuk orang yang melakukan kesalahan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kebiasan yang memperburuk ambeien

cara mengobati ambeien

Ada beberapa kebiasaan yang sering penderita ambeien lakukan yang dapat membuat ambeien justru lebih parah seperti di bawah ini!

  • Banyak duduk dan tidak bergerak

Karena merasakan sakit pada bagian anus, terkadang penderita ambeien tidak banyak bergerak dan menghabiskan waktu dengan duduk seharian. Padahal, duduk seharian dan tidak melakukan aktivitas hanya akan memperburuk kondisi ambeien, karena diam seharian hanya akan menyebabkan risiko sembelit yang memperburuk ambeien.

  • Mengangkat beban berat

Melakukan aktivitas yang berat juga akan memperburuk kondisi ambeien. Aktivitas yang menyebabkan mengejan terlalu banyak sangat tidak dianjurkan bagi penderita ambeien. Hal ini dikarenakan, melakukan aktiviats berat hanya akan menambah tekanan pada ambeien sehingga menambah rasa nyeri dan sakit pada benjolan ambeien.

  • Mengabaikan gejala sembelit

Sembelit ketika ambeien hanya akan memperburuk ambeien yang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri tak terhanakan hingga kemungkinan perdarahan. Untuk itu penting untuk selalu memerhatikan gejala sembelit agar tidak terkena penyakit komplikasi lainnya saat ambeien.

  • Tidak menjaga kebersihan

Kebersihan merupakan hal yang utama yang harus penderita ambeien selalu perhatikan. Jika kamu tidak rajin membersihkan area sekitar anus, maka bakteri dan virus akan berkembang di area tersebut. Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri dan gatal pada benjolan bertambah parah. Penting untuk selalu menjaga area benjolan tetap bersih dan kering.

  • Stres

Terkena penyakit ambeien memang menyakitkan dan melelahkan bagi penderitanya. Namun, perlu kamu ingat bahwa kondisi stres pada penderita hanya akan memperburuk kondisi tersebut. Untuk itu cobalah tetap tenang dan lakukan pengobatan medis dengan cara konsultasi dengan dokter ahli.

  • Menggunakan tisu basah

Tisu basah mengandung alkohol yang mampu mengiritasi pada bagian benjolan tersebut. Iritasi tersebut dapat menimbulkan risiko terkena penyakit komplikasi ambeien lainnya. Untuk itu bersihkan ambeien menggunakan air hangat lebih aman dan lebih mampu mengurangi rasa sakit pada benjolan.

  • Menghindari pengobatan medis

Penderita ambeien sering kali menghindari pengobatan medis. Hal ini karena ambeien seringkali dianggap sebagai penyakit sepele yang masih bisa hilang dengan pengobatan tradisional biasa. Padahal, jika kamu mengalami perdarahan hebat, nyeri, dan gatal pada area benjolan. Artinya, kamu harus segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Cara mengobati ambeien dengan tepat

Ada beberapa cara tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengobati ambeien. Antara lain:

  • Menerapkan pola hidup sehat
  • Konsumsi makanan berserat
  • Perbanyak minum air putih
  • Lakukan konsultasi dengan dokter ahli jika ambeien tidak kunjung sembuh atau menemukan gejala aneh lain pada ambeien.

Itulah beberapa kebiasaan yang sering kali penderita ambeien lakukan. Padahal, penyakit ambeien bukanlah penyakit yang bisa kamu anggap remeh. Untuk itu, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar ambeien bisa teratasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now