Tanda Ambeien Saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya!

Ini Dia Tanda Ambeien Saat Hamil, Berbahayakah? Simak Penjelasannya!

Tanda ambeien saat hamil bisa bermacam-macam, bisa berupa benjolan di area anus hingga mengalami BAB berdarah. Sayangnya, para wanita hamil seringkali mengabaikan beberapa tanda ambeien pada tahap awal. Sehingga, ambeien menjadi memburuk dari ke waktu. Tentu saja, hal ini dapat meningkatkan ketidaknyamanan, terutama ketika beraktivitas seperti duduk atau saat proses buang air besar. Namun, benarkah ambeien ini berpengaruh terhadap proses kehamilan? Lalu, bagaimana pengobatan medis yang tepat dalam menangani ambeien pada wanita hamil? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Tekanan rahimlah pemicu ambeien pada wanita hamil

Tanda Ambeien Saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya!

Tanda Ambeien Saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya!

Mengutip dari artikel Pregnancy Birth and Baby (2021) menyebutkan bahwa hemoroid atau wasir ini merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada wanita hamil. Bahkan, 1 dari 4 wanita hamil ini terserang penyakit hemoroid. Wasir atau hemoroid ini bisa terletak di area dalam anus, sehingga tak menimbulkan rasa nyeri namun bisa menyebabkan pendarahan saat BAB. Selain itu, wasir juga bisa terletak di area luar anus yang menyebabkan nyeri, gatal, dan pendarahan saat proses buang air besar. Penyebab dari munculnya benjolan ini adalah adanya pembengkakan pembuluh darah di area anus. Biasanya, terjadi akibat adanya tekanan pada area rektum atau sekitar anus, salah satu pemicu pada wanita hamil adalah membesarnya ukuran rahim. Sehingga, menyebabkan rektum atau area anus menjadi tertekan.

Selain itu, faktor gaya hidup pada wanita hamil seperti duduk terlalu lama dan kurang asupan serat juga mineral juga bisa menjadi faktor pemicu wasir. Untuk itu, penerapan gaya hidup sehat pada wanita hamil sangat penting untuk diperhatikan agar mencegahnya dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya ada wasir atau hemoroid.

Tanda yang tak boleh disepelekan

Wasir atau hemoroid pada ibu hamil biasanya terjadi pada umur kehamilan trisemester kedua dan ketiga. Pada umur kehamilan tersebut biasanya rahim sudah tumbuh membesar. Selain itu, pada umur kehamilan ini juga terjadi perubahan hormonal, sembelit, hingga aliran darah yang terganggu. Mengutip dari National institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease Health Information Center, berikut adalah beberapa tanda ambeien yang sering ibu hamil alami, di antaranya:

  • Mengalami sembelit kronis
  • Muncul darah saat buang air besar
  • Gatal di area anus
  • Terdapat benjolan keras di area anus, yang biasanya menyebabkan rasa nyeri
  • Rasa sakit atau nyeri biasanya memburuk ketika ibu hamil duduk atau saat mengejan

Baca juga: Cari Tahu Arti dari Warna Feses Terhadap Kondisi Kesehatanmu!

Pengobatan ambeien pada wanita hamil

Perawatan atau pengobatan wasir pada ibu hamil biasanya berfokus pada perbaikan sistem pencernaan. Hal ini karena, masalah pencernaan seperti sembelit dapat memperburuk dan menghambat penyembuhan wasir pada ibu hamil. Berikut adalah beberapa pengobatan aman yang bisa ibu hamil lakukan, di antaranya:

  • Memperbaiki pola makan dengan perbanyak asupan gizi dan serat
  • Perbanyak minum air mineral
  • Wasir eksternal atau yang terletak di luar anus dapat di atasi dengan cara mengompres dengan es batu berbalut kain
  • Berendam air panas pada area anus juga dapat mengatasi rasa nyeri pada benjolan
  • Krim wasir dan obat-obatan lainnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Jika kamu mengalami permasalahan wasir selama kehamilan atau setelah proses melahirkan, kamu bisa datang di klinik Vena Wasir Center. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!                     

Baca juga: Waspada! Ini Dia Makanan Penyebab Ambeien Selalu Kambuh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now