Jadi Perbincangan, Tomat Itu Buah Atau Sayur? Begini Penjelasannya

Tomat jadi bahan perdebatan di dunia kuliner, pasalnya si merah bulat asam manis ini diragukan ‘statusnya’ di dunia sayur atau buah. Banyak perdebatan yang terjadi karena perbedaan pendapat dan keinginan untuk menggolongkan tomat sebagai buah atau sayuran.

Jika dilihat dari bentuknya, seharusnya masuk dalam keluarga buah. Namun kegunaannya terlihat bukan sebagai buah melainkan mirip seperti sayur. Dalam dunia botani, buah didefinisikan sebagai bagian pada tumbuhan berbunga yang berkembang dari ovarium bunga yang dibuahi dan biasanya memiliki biji. Biji inilah yang menjadi alasan kuat mengapa si bulat ini secara teknis dikategorikan sebagai buah. Menurut kamus Merriam-Webster, buah juga didefinisikan sebagai hasil reproduksi benih tanaman yang biasanya dapat dimakan. Dengan dasar tersebut, bisa pula dikatakan bahwa zukini, mentimun, labu, dan paprika sebenarnya juga merupakan buah.

Sementara itu, sayuran adalah bagian tanaman yang bisa dimakan yang bukan buah biasanya memiliki kadar air tinggi. Sayuran tidak melulu berupa daun. Batang yang masih muda seperti rebung, bonggol umbi, lobak, dan wortel juga termasuk sayuran. Beberapa ahli gizi pun mengkategorikan tomat sebagai sayuran karena kekurangan jumlah fruktosa (gula) yang ditemukan di banyak buah-buahan seperti jeruk dan apel.

Sejarah Tomat Itu Buah Atau Sayuran

Perdebatan masih berlangsung setidaknya sampai abad ke-19. Perdebatan ini akhirnya membuat pihak pengadian Amerika, US Supreme Court pun membawanya ke sidang, “Apakah tomat termasuk sayur atau buah?”

Pertanyaan ini mulai diperdebatkan setelah importir buah beradu argumen soal tomat. Hal ini diperdebatkan karena berpengaruh pada pajak yang dikenakan. Kala itu tomat digolongkan sebagai buah dan bukan sayur. Buah tidak dikenakan pajak, sementara sayur dikenakan pajak 10 persen untuk impor.
 pengadilan akhirnya mengambil keputusan bahwa tomat bukanlah buah melainkan sayur. Hal ini diperkuat dengan penggunaan tomat yang umum sebagai bagian dari sayuran, misalnya salad, sup, dan sandwich.

Sebaliknya tomat tak ditemukan sebagai bagian dari kue kering, kue bolu, makanan pencuci mulut, dan makanan lain yang umum menggunakan buah, maka tomat pun secara legal digolongkan sebagai sayuran, bukan buah. Oleh karenanya, tomat harus dikenai pajak sayuran.

Jadi, apakah  buah atau sayur?

Sebagai tumbuhan yang diunggulkan, buah. Secara nutrisi, tidak. Jika  pada ketentuan hukum, menurut kasus di atas adalah sayuran.

Kemudian lagi, itu mungkin tergantung di mana Anda tinggal. Tennessee menjadikannya sebagai buah resmi negara, sedangkan New Jersey menyebutnya sebagai sayur resmi negara. Arkansas memainkan kedua sisi dengan mendeklarasikan  sebagai buah negara dan sayuran negara.

 

Baik buah ataupun sayur, tomat ternyata memiliki kandungan yang  sangat kaya akan vitamin seperti vitamin B1, vitamin C, dan vitamin A serta zat lain seperti karbohidrat, serat, kalium, fosfor, zat besi, dan protein.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now