Jeruk Nipis untuk Wasir, Apakah Bisa Jadi Obat?

Jeruk nipis untuk wasir, apakah bisa jadi obat? Jadi pertanyaan banyak orang setelah beredar bahwa buah satu ini bisa menyembuhkan wasir. Namun, seberapa efektifkah nyatanya masih perlu penelitian lebih lanjut. Hal ini juga terjadi pada bahan-bahan alami lainnya seperti lidah buaya, daun ungu, labu siam dan masih banyak lagi. Bahan-bahan tersebut hanya mampu mengurangi gejala wasir dan bukan benar-benar menyembuhkan secara langsung. Kendati demikian, menggunakan masih bermanfaat bagi kesehatan.

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini berwarna hijau dan memiliki bentuk lebih bulat daripada lemon yang sedikit oval dan berwarna kuning. biasanya dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penambah cita rasa pada berbagai makanan, seperti soto dan mi kocok. Aroma dan rasanya asam tapi segar. Rupanya jeruk ini menyimpan segudang manfaat baik untuk tubuh.Buah ini mengandung berbagai zat gizi, seperti vitamin, karbohidrat, protein, serat, kalsium, fosfor, flavonoid, dan masih banyak lagi yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan.

Jeruk Nipis untuk Wasir

Melihat dari kandungan pada jeruk nipis ini, ada kemungkinan gejala wasir bisa sembuh. Pada beberapa kondisi, wasir pada tahap bisa sembuh dengan sendirinya. Apalagi dibarengi dengan menjalani pola gaya hidup yang sehat, seperti rajin mengonsumis serat dan rutin olaharga. Berikut beberapa manfaat jeruk nipis yang dapat membantu proses penyembuhan wasir:

 

1. Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang produksi enzim-enzim pencernaan. Jika mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk ini dapat merangsang pergerakan usus. Sisa makanan  dalam perut lebih mudah terdorong ke bawah sehingga feses keluar lebih lancar.  Ketika feses  mudah untuk keluar maka tidak perlu melakukan proses mengejan  keras yang dapat memicu wasir muncul atau membuatnya semakin parah.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah ini dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Manfaat vitamin C dalam jeruk nipis juga meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit.

Hal itu dapat mempersingkat lama waktu seseorang saat terinfeksi mikroba.

3. Membantu menurunkan berat badan

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini membantu tubuh membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Selain itu, vitamin C dari jeruk nipis punya khasiat membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Mengingat salah satu faktor risiko ambeien adalah obesitas, dengan mengonsumsi jeruk nipis maka hal ini bisa terhindari.  Namun, tak hanya dengan jeruk nipis saja sudah cukup, kamu juga sebaiknya rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

Jadi, itulah beberapa fakta terkait jeruk nipis untuk wasir. Meski tidak dapat menyembuhkan secara langsung, mengonsumsi jeruk nips bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah gejala wasir yang semakin parah. Jika kamu mengalami wasir, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now