Mengenal Obat Ambeien Paling Ampuh di Apotik Hingga Tindakan Medis di Vena Wasir Center

Obat ambeien paling ampuh apotik yang terkenal di kalangan masyarakat umumnya adalah obat-obatan konvensional. Namun, tahukah kamu bahwa, ternyata tak semua ambeien/wasir dapat terobati hanya dengan obat-obatan saja? Mengutip dari artikel kesehatan Verywell Health (2022) menyebutkan bahwa, selain obat-obatan, tindakan medis merupakan salah satu prosedur pengobatan yang paling efektif bagi beberapa kasus wasir/ambeien, terutama pada wasir dengan kondisi yang sudah sangat memburuk. Lalu, bagaimana mengetahui pengobatan wasir mana yang paling ampuh untuk kondisi wasir yang kita alami? Simak selengkapnya di dalam artikel berikut! 

Mengenal 2 jenis ambeien 

Salah satu cara untuk mengetahui jenis pengobatan yang tepat pada wasir/ambeien adalah dengan mengetahui jenis kondisi wasir yang kamu alami. Secara umum, wasir ini terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan letak terjadinya benjolan, seperti:

  • Ambeien dalam 

Mengutip dari Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa ambeien dalam atau dalam istilah medis terkenal dengan internal hemorrhoid adalah kondisi di mana, benjolan pada ambeien terjadi di area rectum atau di dalam anus. Sehingga, kebanyakan para penderita wasir jenis ini terkadang tidak menyadari bahwa mereka memiliki wasir. Namun, tak jarang benjolan wasir akan muncul keluar ketika penderitanya melakukan BAB. Pada, wasir jenis ini biasanya gejala yang timbul adalah sembelit, mengalami BAB berdarah, hingga merasa gatal di area anus. 

  • Ambeien luar 

Benjolan wasir yang terjadi di area kulit anus, terkenal dengan nama ambeien luar atau external hemorrhoid. Berbeda dengan ambeien dalam di mana benjolan hanya keluar saat BAB, pada ambeien jenis luar ini penderita bisa memegang atau merasakan langsung benjolan ambeien karena letaknya berada di bagian luar kulit anus yang menyebabkan gejala nyeri, perih, hingga gatal pada penderitanya. Sehingga, sangat mengganggu aktivitas. 

Baca Juga: Penyebab Ambeien Luar dan Cara Mencegahnya Muncul Kembali

4 tingkat keparahan pada ambeien 

Mengutip dari artikel Mayo Clinic (2020) menyebutkan bahwa internal hemorrhoid atau ambeien dalam sendiri terbagi menjadi 4 kategori berdasarkan tingkat keparahannya, di antaranya:

Derajat 1 

Pada tingkat 1 merupakan ambeien dengan tingkat keparahan paling rendah, artinya benjolan yang penderita alami belum begitu besar. Sehingga, benjolan tidak dapat penderitanya rasakan karena masih berada di dalam anus. Selain itu, ambeien jenis ini juga biasanya hanya menimbulkan gejala seperti munculnya darah saat BAB. 

Derajat 2

Ambeien pada tingkat keparahan stadium 2 ini, biasanya benjolan sudah mulai mengalami prolaps (keluarnya benjolan dari dalam anus) terutama ketika BAB. Namun, biasanya benjolan akan masuk kembali ke dalam anus dengan sendirinya.

Derajat 3

Tingkat keparahan pada derajat 3, biasanya benjolan ambeien ini selalu keluar menonjol (prolaps) ketika penderitanya melakukan proses BAB. Selain itu, karena ukuran benjolan yang sudah mulai membesar, maka untuk mendorongnya kembali masuk ke dalam anus, haru didorong menggunakan jari. 

Derajat 4

Pada tingkat keparahan paling akhir ini biasanya benjolan ambeien sudah sangat membesar. Sehingga, benjolan berada di luar anus dan dapat menganggu aktivitas penderitanya akibat rasa nyeri yang timbul. 

Obat Ambeien Paling Ampuh di Apotik

Apa saja obat ambeien paling ampuh di apotik? Pada ambeien tingkat 1 hingga 2, penderita masih bisa melakukan pengobatan dengan beberapa obat-obatan konvensional yang ada di apotek untuk mengurangi gejalanya. Mengutip dari Med India (2021) menyebutkan bahwa obat-obatan konvensional tidak mampu mengatasi ambeien secara menyuluruh, namun dapat mengurangi gejala yang muncul seperti nyeri, pembengkakan, dan lainnya. Berikut adalah beberapa obat-obatan yang tersedia di apotek untuk mengatasi gejala pada ambeien, seperti: 

Ibuprofen 

Jenis obat ini merupakan obat umum yang terjual bebas di apotik tanpa harus menunjukan resep dari dokter. Salah satu kegunaaan dari ibuprofen adalah untuk mengurangi rasa nyeri pada ambeien. Namun, ibuprofen juga tidak baik jika penderita gunakan secara terus-menerus. 

Hidrokortison rektal 

Salah satu obat ambeien luar yang paling terkenal adalah obat jenis salep yang bisa penderita oleskan langsung pada benjolan ambeien. Kegunaan dari jenis obat ini adalah untuk mengurangi pembengkakan. Namun, jika tidak ada perubahan pada ambeien selama seminggu setelah mengoleskan hidrokortison rektal, segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli. 

Laksatif 

Salah satu masalah utama munculnya wasir adalah akibat sembelit. Untuk mengatasi sekaligus mencegah ambeien memburuk, maka obat yang memiliki kandungan laksatif sangat efektif untuk mengatasi wasir. Namun, jika tidak ada perubahan dalam beberapa minggu, segeralah berkonsultasi dengan dokter. 

Baca juga: Obat Pengempes Ambeien yang Bisa Juga Ringankan Rasa Nyeri

Pengobatan paling ampuh dengan tindakan metode modern 

Operasi Ambeien Radiofrekuensi Vena Wasir Center

Tindakan wasir atau ambeien kini sudah lebih canggih sehingga tidak memerlukan prosedur bedah terbuka. Metode ini terkenal dengan nama metode bedah minimal atau non invasive surgery. Dengan hadirnya metode modern ini, maka pasien tidak harus melakukan rawat inap, selain itu tindakan juga lebih cepat dengan risiko dan pendarahan yang minim selama tindakan. Berikut adalah 3 metode modern yang unggul untuk atasi wasir, di antaranya: 

Radiofrekuensi 

Metode modern ini merupakan salah satu tindakan yang paling efektif untuk mengatasi ambeien luar. Selain itu, beberapa penelitian juga berhasil membuktikan bahwa metode ini memiliki tingkat efektivitas yang sangat tinggi, yaitu mencapai 90% tanpa luka bakar. Dengan memanfaatkan gelombang radio berfrekuensi, metode ini mampu mengatasi benjolan hingga mengempis. 

Laser hemorrhoidoplasty

Salah satu metode unggulan yang ampuh untuk mengatasi wasir dari berbagai stadium ini dapat menjadi metode untuk mengatasi wasir hingga tuntas. Memanfaatkan laser fiber yang dapat mengempiskan benjolan hingga 60% bahkan saat pertama kali tindakan. Metode ini merupakan metode yang minim nyeri, pendarahan, juga minim risiko.  

PILA 

Paran Injection Ligation for Ambeien atau PILA merupakan metode yang dikembangkan dengan mengombinasikan dua metode yaitu, karet ligase dan injeksi skleroterapi. Metode PILA dilakukan tanpa adanya sayatan, sehingga sangat minim pendarahan. Meskipun begitu, metode ini hanya mampu diaplikasikan pada ambeien derajat 1 hingga 3 saja. 

Semua metode tersebut tersedia di klinik Vena Wasir Center, salah satu klinik yang khusus menangani berbagai permasalahan wasir dan anorektal lainnya. Selain menggunakan metode modern, Vena Wasir Center juga memiliki dokter dan tenaga medis yang berpengalaman di bidangnya. Hadir sejak tahun 2013, Vena Wasir Center telah menjadi klinik wasir terpercaya oleh masyarakat Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya, lokasi terdekat, hingga jadwal klinik, silakan hubungi nomor 0811-9555-100 atau kamu juga bisa datang langsung ke klinik terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now