makanan untuk melancarkan BAB saat ambeien

Makanan Terbaik untuk Melancarkan BAB Saat Ambeien

Ambeien merupakan penyakit yang tidak berbahaya, namun menyebabkan penderitanya merasakan kesakitan dan tidak merasa nyaman. Penyakit ini penyebabnya bisa bermacam-macam. Namun pada beberapa kasus, ambeien ini disebabkan oleh wasir atau sembelit. Sehingga terjadi pembengkakan pembuluh darah pada area rectum atau anus yang berupa benjolan.

Nah, benjolan tersebut membuat penderitanya merasakan nyeri, gatal, dan panas saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti duduk dan saat BAB. Tak heran, bagi penderita ambeien proses BAB merupakan proses yang sangat menyiksa. Untuk itu penderita ambeien harus mengonsumsi makanan tinggi serat yang dapat melancarkan proses BAB agar benjolan ambeien tidak membengkak/pecah. Ingin tahu makanan apa saja yang bisa membuat proses BAB saat ambeien menjadi lancer? Yuk simak selengkapnya di sini!

Makanan untuk melancarkan BAB

ambeien

 Konsumsi makanan tinggi serat dapat membantumu untuk melancarkan BAB hingga bisa meringkan gejalanya. Makanan-makanan yang mengandung serat tinggi sangat dianjurkan untuk penderita wasir, seperti di bawah ini!

  • Jagung

Jagung telah terkenal sebagai makanan yang mampu mengobati wasir. Konsumsi satu gelas jagung manis rebus mengandung sekitar 4,2gram serat. Kandungan ini sangat baik untuk melancarkan proses BAB. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu menangkal radikal bebas dan mengurangi rasa sakit saat ambeien.

  • Strawberry

Strawberry dan buah beri lainnya juga terkenal sebagai makanan yang mempunyai serat tinggi. 100gram buah strawberry mengandung sekitar 6,5gram serat. Kandungan ini sangat mampu membuat BAB menjadi lancar. Selain itu, buah beri juga memiliki kandungan air yang tinggi dan fruktosa alami yang terkenal sebagai pencahar alami.

  • Roti gandum

Roti gandum yang melalui proses ringan atau tidak diproses sama sekali mengandung serat tinggi yang baik untuk melancarkan BAB pada penderita wasir.

  • Ubi dan kentang

Ubi memang terkenal sebagai makanan untuk melancarakan proses BAB. Dalam beberapa jurnal penelitian mengenai Kesehatan menemukan bahwa satu buah ubi bakar/rebus memiliki jumlah serat sekitar 3,8 gram. Begitupun dengan satu buah kentang rebus memiliki jumlah serat sekitar 3,6 gram. Keduanya sangat baik untuk melancarkan proses BAB.

  • Pepaya

Pepaya sudah terkenal sebagai buah yang memiliki manfaat untuk melancarkan BAB. Hal ini tidaklah salah, karena dalam 100gram buah pepaya mengandung sekitar 1,3 gram serat. Selain itu pepaya juga mengandung papain, semacam enzim yang membantu proses pencernaan dalam usus, sehingga BAB menjadi lebih lancar.

Makanan yang harus dihindari

 Makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan karbohidrat sangat tidak baik untuk kamu yang sedang menderita ambeien. Jika penderita mengonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan sembelit sehingga memperburuk kondisi wasir.

Agar ambeien cepat pulih dan BAB menjadi lancar, cobalah untuk menghindari makanan seperti di bawah ini!

  • Gorengan
  • Makanan asin
  • Keripik dan makanan kemasan
  • Daging merah
  • Permen
  • Cokelat
  • Minuman soda
  • Energy drink
  • Alkohol
  • Kopi

Nah itu dia beberapa makanan yang baik untuk para penderita dan makanan yang harus penderita hindari saat ambeien. Selain konsumsi makanan tinggi serat dan menghindari beberapa makanan di atas, kamu juga harus menjalankan pola hidup sehat seperti banyak minum air hingga berolahraga ringan agar penyakit ambeien cepat pulih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now