penyakit wasir

Penyakit Wasir Kambuh? Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Datang Kembali!

Penyakit wasir memang bukan penyakit mematikan. Akan tetapi, penyakit wasir ini membuat penderitanya merasakan sakit yang luar biasa. Meskipun, menurut Steven Kussin, MD ahli gasterologi di New York (2015) menyebutkan bahwa wasir/ambeien ini merupakan bagian anatomi tubuh yang normal, semua orang memiliki wasir. Namun, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit ambeien ini muncul pada seseorang.

Faktor risiko penyakit wasir

Meskipun penyebab utama dari wasir ini adalah konstipasi atau sembelit. Namun, pola hidup seperti makanan sehari-hari yang penderita konsumsi. Melansir dari Verywell Health (2021) menyebutkan bahwa beberapa faktor di bawah ini, seperti:

  • Dehidrasi atau kurang minim air

Idealnya, minum air putih 8 gelas perhari dapat melancarkan proses BAB. Sebaliknya, kurang minum air dapat menyebabkan feses menjadi sulit dan menyebabkan sembelit sehingga timbulah wasir.

  • Diet rendah serat

Serat pada makanan sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Saat ini, banyak sekali makanan populer yang rendah serat, jika terus-menerus mengonsumsi makanan kurang serat maka dapat meningkatkan risiko datangnya sembelit.

  • Kurangnya aktivitas fisik

Selain pola makan, pola hidup seperti kurang gerak juga bisa menyebabkan datangnya risiko sembelit pada seseorang. Apalagi jika keseharianmu banyak dihabiskan dengan duduk-duduk. Hal ini dapat membuat darah di rektum dan anus menjadi tertekan, sehingga timbulaj sembelit.

Selain pola hidup, kondisi seperti kehamilan juga memperbesar risiko terjadinya wasir pada ibu hamil. Namun, meskipun semua orang pada dasarnya memiliki wasir, penyakit ini dapat kamu hindari dengan mengikuti pola hidup sehat.

Makanan terbaik untuk wasir

Karena awal permasalahan wasir adalah sembelit, maka langkah awal pemulihan adalah dengan memperbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat. Mengutip dari verwell health (2020) berikut adalah makanan yang baik untuk penderita wasir konsumsi:

  • Buah

Pepaya merupakan buah yang mengandung banyak mineral dan serat serta baik untuk pencernaan. Pepaya ini juga merupakan buah yang efektif untuk mencegah wasir sekaligus mengurangi gejala wasir, begitupun dengan apel, jeruk, mangga, dan kiwi.

  • Gandum

Banyak sekali kandungan dalam gandum utuh yang sangat baik untuk pencernaan dan mencegah gandum. Kamu bisa mengonsumsi oat dan beras merah untuk menggantikan nasi ketika wasir.

  • Sayuran

Sayur memang terkenal baik untuk tubuh, sayuran seperti jagung, wortel, brokoli, timun, kentang merupakan sayuran yang baik untuk kamu konsumsi ketika terkena wasir.

  • Kacang-kacangan

Kacang tanah juga tinggi akan serat dan baik untuk mencegah wasir. Selain itu, kacang juga biasanya mengandung anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan pada wasir.

Makanan yang harus penderita hindari

penyakit wasir

Selain memperbaiki pola makanan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat, kamu juga harus menghindari beberapa makanan yang berisiko memperburuk kondisi ambeien. Melansir dari Verywell Health, berikut adalah makanan yang memperburuk wasir/ambeien:

  • Keripik
  • Keju
  • Es krim
  • Junk food atau makanan cepat saji
  • Daging merah

Hindarilah makanan di atas agar tidak memperburuk kondisi wasir. Namun, jika wasir tetap memburuk meskipun kamu sudah melakukan pola hidup sehat. Maka, sebaiknya lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter ahli di klinik Vena Wasir Center.

Baca juga: Tips Memilih Klinik yang Tepat Untuk Pengobatan Wasir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now