Obat Anti Nyeri, Bisakah Untuk Mengobati Wasir?

Obat nyeri dapat membantu mengatasi nyeri akibat penyakit tertentu, cedera,  wasir hingga operasi. Namun, obat ini juga memiliki sederet efek samping. Itu sebabnya Anda perlu memahami dosis yang tepat saat mengonsumsinya, terutama saat minum obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Obat penghilang rasa sakit, disebut juga analgesik, adalah obat yang dapat meredakan berbagai jenis rasa sakit, mulai dari sakit kepala ringan hingga radang sendi.

Analgesik tidak sama dengan obat anestesi lokal yang yang digunakan selama operasi. Ini karena analgesik tidaklah mematikan saraf atau mengubah kemampuan Anda untuk merasakan sensasi, melainkan hanya menghilangkan rasa sakit.

Obat penghilang rasa sakit biasanya digunakan jika Anda mengalami kondisi berikut ini.

  • Setelah operasi.
  • Cedera, seperti patah tulang.
  • Nyeri akut, seperti sakit kepala atau pergelangan kaki terkilir.
  • Nyeri wasir.
  • Kram karena menstruasi.
  • Nyeri otot.
  • Nyeri kronis, seperti arthritis, kanker, atau nyeri punggung.

Dosis obat pereda nyeri

Dosis setiap obat penghilang nyeri tidaklah sama. Itu sebabnya Anda harus memerhatikan instruksi dokter dan anjuran penggunaan obat agar tidak terjadi efek yang tidak diinginkan.

Institute For Quality And Efficiency In Health Care (IQWiG) pun memperingatkan bahwa meski bisa mengatasi nyeri dengan ampuh, pemakaian obat pereda nyeri yang tidak tepat bisa menyebabkan efe samping dan komplikasi.

Terdapat dua kelompok utama analgesik, yaitu analgesik anti inflamasi dan opioid. Obat anti-inflamasi bekerja dengan mengurangi peradangan dan pembengkakan di tempat rasa sakit.

Contoh obat anti-inflamasi antara lain parasetamol/asetaminofen, asam asetilsalisilat (aspirin), dan obat NSAID seperti ibuprofen dan naproxen.

Sementara itu, analgesik opioid bekerja dengan mengubah persepsi rasa sakit di otak.

Seperti obat-obatan pada umumnya, ada berbagai efek samping obat pereda nyeri yang perlu Anda waspadai.

Guna mengoptimalkan manfaat obat pereda nyeri dan mencegah efek sampingnya, minumlah obat Anda sesuai instruksi dokter dan apoteker atau anjuran penggunaan pada kemasan obat.

Obat dokter bantu redakan nyeri wasir

Penggunaan obat ambeien ini tergantung dari besar, lokasi, dan keparahan gejala ambeien yang Anda rasakan. Berbagai obat ambeien ini bisa dibeli di apotek, tapi agar lebih aman Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memilih obat yang akan diminum.

Pilihan obat nyeri untuk wasir, antara lain:

Naproxen adalah salah satu jenis obat pereda nyeri dari golongan NSAID (non-steroidal anti-inflammatory drugs). Obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul saat Anda mengalami gejala ambeien.

Selanjutnya adalah ibuprofen juga berfungsi untuk mengurangi nyeri. Beberapa obat ambeien satu ini banyak ditemui di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Biasanya ibuprofen digunakan untuk meredakan nyeri sakit kepala atau nyeri menstruasi, tapi bisa juga untuk meredakan nyeri di anus karena efeknya yang bisa mengurangi peradangan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now