Manfaat Yakult untuk Penderita Wasir

Manfaat yakult dan Bakteri Baik untuk Penderita Wasir

Manfaat yakult untuk penderita wasir paling utama yaitu membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus untuk mengurangi risiko sembelit dan diare. Wasir merupakan kondisi pembuluh darah di daerah rektum atau anus yang pecah karena adanya tekanan berlebih. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan tekanan berlebih di daerah anus dan rektum ini muncul.

Kondisi Usus Besar Mempengaruhi Gejala Wasir

Manfaat yakult dan Bakteri Baik untuk Penderita Wasir

Sembelit atau kesulitan buang air besar dapat menyebabkan wasir karena adanya tekanan tambahan di area anus saat mengejan. Selain itu feses yang keras juga menyebabkan infeksi di area anus. Infeksi ini juga bisa jadi memburuk karena terjadi kontak dengan bakteri buruk di feses.

Diare yang berlebihan juga bisa mempengaruhi kesehatan area rektum. Berkurangnya cairan di area ini mengakibatkan keringnya area rektum, Hal ini bisa mempersulit keluarnya feses sehingga Anda perlu mengejan lebih keras dan dinding rektum menjadi terluka karena terjadi gesekan antar kulit.

Yakult mengandung 6.5 miliar bakteri baik lactobacillus casei. Bakteri ini secara alami telah usus besar produksi untuk melawan dan mengurangi bakteri jahat yang masuk melalui makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Bakteri ini membantu memperlancar sistem pencernaan serta melancarkan BAB. Selain itu, bakteri ini juga membantu tubuh terhindar dari sindrom iritasi usus (IBS) dan peradangan usus (IBD).

Mengandung bakteri baik, bukan berarti Anda boleh mengonsumsi Yakult secara berlebihan. Bakteri baik dalam jumlah besar bisa jadi justru menimbulkan komplikasi di jaringan usus besar dalam tubuh. Minumlah Yakult atau minuman prebiotik lainnya sesuai takaran anjuran dokter. Dewasa hanya meminum dua botol dalam sehari dan anak-anak hanya satu botol dalam sehari.

Baca juga: Wajib Tahu! 5 Cara Mengobati Ambeien, Hitungan Menit Bisa Hilang!

Makanan dan Minuman Baik Bagi Usus Besar

Pola makan yang tepat untuk penderita wasir, yaitu memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat. Makanan kaya serat bisa Anda temukan di dalam:

  • Biji-bijian seperti jagung, kuaci, chia seed, dan bubur gandum (oatmeal)
  • Roti gandum termasuk kaya serat. Namun, roti biasa yang terbuat dari ragi tidak kaya serat. Pecinta roti mulailah mempertimbangkan untuk beralih mengonsumsi roti gandum.
  • Sayuran, terutama sayuran hijau seperti brokoli dan sawi.
  •  Buah-buahan seperti pir, pisang, papaya, dan apel. 
  • Jangan lupa untuk rutin minum air putih 2L atau 8-10 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Konsumsi air putih yang cukup akan membantu sistem pencernaan melakukan tugasnya tanpa menyakiti jaringan itu sendiri.

Makanan Buruk Bagi Usus Besar

Penderita wasir ingat untuk selalu menghindari atau mengurangi konsumsi yang tidak berserat dan dapat mempersulit BAB.

  • Makanan cepat saji
  • Snack seperti keripik atau makanan dalam kemasan
  • Frozen food
  • Minuman bersoda
  • Daging. Daging terutama daging ayam bagian dada memang mengandung protein yang tinggi, namun proses pencernaannya yang lamban dapat menimbulkan risiko sembelit karena feses yang keras.

Imabangi minum Yakult atau minuma prebiotic lainnya dengan air putih karena salah satu efek samping Yakult adalah membuat Anda cepat haus. Konsultasikan kembali keadaan Anda dan makanan yang baik dan buruk terhadap wasir dengan dokter profesional di Vena Wasir Center. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

Baca juga: WASPADAI GEJALA KANKER USUS MIRIP WASIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now