operasi wasir

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Operasi Wasir

Operasi wasir merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi penyakit ambeien/wasir. Pada umumnya, penyakit wasir bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, tak jarang pada kasus yang lebih parah, tindakan medis seperti operasi dibutuhkan untuk mengatasi wasir tersebut. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan penderita harus segera melakukan operasi seperti komplikasi wasir.

Komplikasi wasir

operasi wasir

Komplikasi wasir biasanya dapat terjadi karena penyakit wasir yang tidak mendapat penanganan yang tepat, penyakit ambeien yang dibiarkan terlalu lama. Pada kasus wasir luar biasanya persentase operasi pada penderita mencapai kurang dari 10% berbeda dengan wasir luar yang terkenal lebih berisiko mendatangkan penyakit komplikasi wasir/ambeien lainnya.

Ada beberapa penyakit komplikasi wasir yang sering penderita ambeien alami hingga memerlukan tindakan operasi.

  • Hemoroidektomi

Hemoroidektomi merupakan metode pengangkatan wasir dengan menggunakan berbagai pilihan alat. Bisa menggunakan pisau elektrik, menjahit hingga menjepit jaringan yang ada pada ambeien. Metode ini merupakan metode operasi yang paling banyak penderita stadium 4 lakukan untuk mengangkat wasir.

  • Skeleroterapi

Skeleroterapi merupakan tindakan pengangkatan wasir dengan cara menyuntikan kimia ke dalam tubuh. Sehingga jaringan pada ambeien akan menghilang dengan sendirinya. Selain itu, kelebihan pada metode ini adalah karena tidak akan menimbulkan rasa sakit pada pasien.

  • PILA

PILA atau Paran Injection Legal for Ambeien. Metode yang satu merupakan tindakan medis untuk mengatasi wasir tanpa operasi, dengan cara menyuntik atau mengikat dengan alat ligase. Metode yang satu ini juga banyak diterapkan oleh penderita ambeien stadium 2 dan 3.

Hal yang harus pasien lakukan sebelum operasi

operasi wasir

Operasi pada wasir tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus penderita lakukan hingga akhirnya bisa melakukan tindakan medis seperti di atas.

  • Konsultasi

Konsultasi dengan dokter ahli sangat penting kamu lakukan sebelum menjalani operasi. Selain itu, dalam sesi konsultasi dengan dokter kamu harus menyebutkan semua keluhanmu agar dokter dapat memilih metode operasi yang sesuai dengan penyakit yang kamu alami.

  • Cek kondisi Kesehatan

Meskipun hanya melakukan operasi kecil, cek kondisi kesehatan sangat penting penderita lakukan agar operasi bisa berjalan lancara. Selain itu, mengetahui kondisi fisik pasien juga sangat penting, karena tidak semua orang bisa menjalani operasi. Ada beberapa kondisi yang tidak boleh melakukan operasi antara lain usia dan kondisi penyakit kronis lainnya.

  • Persiapan fisik

Persiapan fisik juga sangat penting pasien lakukan agar penyembuhan pasca operasi berjalan lebih cepat. Biasanya sebelum operasi pasien tidak boleh mengonsumsi obat pengencer, hingga tidak boleh merokok/mengonsumsi alkohol.

  • Persiapan finansial

Hal penting yang harus pasien persiapkan sebelum melakukan operasi adalah menyiapkan biaya keuangan selama operasi. Persiapan bisa pasien lakukan dengan memilih tempat klinik wasir yang mempunyai kredibilitas tinggi namun masih memasang harga terjangkau.

 

Nah itu dia beberapa persiapan yang harus penderita ambeien lakukan sebelum melakukan operasi. Untuk itu, segeralah konsultasikan ke dokter ahli jika kamu sudah mulai mengalami ambeien yang memiliki gejala tidak biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now