Cara Mencegah dan Mengobati Wasir Saat Puasa

Sebelum dokter mengobati wasir, yang perlu kita ketahui adalah tingkat keparahan wasir itu sendiri maka sangat penting untuk melakukan konsultasi atau pemeriksaan lebih dulu. Nah, berkaitan dengan bulan Ramadhan di mana umat Islam menjalankan ibadah puasa, tahukah Anda ternyata ada beberapa penyakit yang umum terjadi saat berpuasa, salah satunya adalah wasir.

Sementara itu, penyebab paling umum dari wasir adalah  sembelit atau sulit BAB dan hal ini cukup sering terjadi saat seseorang berpuasa. Mengapa hal ini terjadi?  Saat puasa sering kali seseorang kurang minum dan juga mengalami perubahan pola makan dan aktivitas. Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya sembelit hingga menyebabkan munculnya wasir.

Sembelit merupakan kondisi sulit BAB yang gejalanya adalah  frekuensi BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu. Selain itu, penderitanya kerap kali mengalami keluhan feses atau kotorannya terasa keras, rasa mengganjal pada anus, dan harus mengejan untuk mengeluarkan tinja. Proses mengejan inilah yang kemdian bisa memicu wasir.  Risiko sembelit akan meningkat apabila jumlah serat yang Anda konsumsi kurang dari 15 gram per hari, dan jumlah air putih yang diminum kurang dari 750 ml (sekitar 3 gelas) per hari.

Tips untuk Mencegah Wasir Selama Berpuasa

Mencukupi kebutuhan cairan

Walaupun sedang berpuasa, kebutuhan cairan  tubuh tetap harus terpenuhi. Minumlah air putih minimal dua liter atau 8 gelas dalam sehari. Selanjutnya, kurangi asupan kafein, alkohol, dan soda, karena dapat membuat tubuh kekurangan cairan dan membuat cepat haus.

Meningkatkan asupan serat

Asupan serat yang cukup tidak hanya membantu untuk mencegah sembelit, tapi juga bisa mengurangi rasa lapar saat sedang puasa. Makanan berserat dicerna lebih lambat sehingga bisa membantu merasa kenyang lebih lama. Untuk memenuhi kebutuhan serat, perbanyak porsi buah, sayuran dan makanan yang dapat memperlancar BAB. Jumlah asupan serat yang dianjurkan adalah minimal 18 gram per hari.

Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan secara rutin terbukti dapat membantu usus bergerak lebih aktif. Pergerakan usus yang baik akan mempermudah proses pengeluaran feses dan mencegah terjadinya sembelit hingga wasir. Hindari melakukan olahraga berat yang menguras keringat selama puasa, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan.

Baca Juga: 5 Tips Puasa Sehat Selama Bulan Suci Ramadhan

Mengobati Wasir

Wasir umumnya dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, pengobatan tetap harus dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan untuk mencegah kekambuhan.

  • Meningkatkan asupan serat di dalam menu makanan. Tujuannya adalah agar tinja menjadi lunak dan BAB menjadi teratur.
  • Menggunakan obat-obatan, jenis minum ataupun salep/krim
  • Mengobati wasir tanpa operasi dengan metode PILA, Radiofrekuensi, ataupun Laser

Nah, jenis pengobatan mana yang tepat sebaiknya lakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter. Untuk melakukan konsultasi, Anda bisa melakukannya di klinik Vena Wasir Center yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah profesional. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi  08119555100 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now