Menu Buka Puasa Bagi Penderita Wasir

Menu buka puasa bagi penderita wasir tentunya tidak bisa sembarangan, perlu dipikirkan baik-baik agar kondisi wasirnya tak semakin parah.

Setelah berpuasa seharian, menahan rasa lapar dan haus momen berbuka puasa menjadi yang paling Anda tunggu-tunggu. Kendati demikian, ternyata tidak semua jenis makanan atau minuman baik untuk Anda konsumsi saat berbuka. Terutama, jika Anda menderita wasir atau ambeien ada beberapa makanan yang harus Anda hindari.

Lalu, menu buka puasa apakah yang tepat bagi penderita wasir dan menu apa saja yang perlu Anda hindari?

Menu Buka Puasa Yang Harus Penderita Wasir Hindari

menu buka puasa yang harus dihindari

Penyakit ambeien adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah sekitar lubang anus mengalami pembengkakan. Ketika hal tersebut terjadi, penderita wasir akan mengalami rasa sakit, perih saat buang air besar.

Penyebab wasir bisa terjadi karena beberapa faktor, namun yang paling sering terjadi adalah akibat dari sembelit. Saat seseorang mengalami sembelit, ia akan mengejan dengan kuat saat buang air besar badan proses mengejan ini bisa menjadi penyebab wasir.

Berikut adalah jenis makanan dan minuman yang tidak boleh penderita wasir konsumsi sebagai menu buka puasa:

  1. Makanan bersantan
  2. Makanan pedas
  3. Daging
  4. Makanan olahan
  5. Minuman soda
  6. Minuman berkafein

Penyakit ambein dapat kambuh, jika Anda mengonsumi jenis makanan dan minuman tersebut secara berlebihan dan terus-menerus.

Menu Buka Puasa Bagi Penderita Wasir

Jenis makanan yang perlu penderita wasir hindari tersebut termasuk makanan dan minuman yang sulit dicerna. Makanan dan minuman tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dicerna sehingga membuat kotoran yang keluar akan mengeras dan sulit untuk keluar. Hal tersebutlah yang dapat memperparah kondisi wasir.

Wasir tidak hanya dapat menyebabkan rasa nyeri atau sakit bokong saja, tapi juga perdarahan saat buang air besar hingga anemia.

Jika kondisi ambeien semakin parah, maka wasir tidak lagi dapat terobati secara alami dengan mengubah pola gaya hidup saja. Tetapi harus menjalani prosedur medis berupa pembedahan.

Berikut adalah menu buka puasa bagi  penderita wasir yang dapat Anda coba:

  • Buah-buahan, seperti kurma
  • Sayur-sayuran tanpa santan
  • Sup
  • Minum banyak air putih.
  • Kacang-kacangan

Menu tersebut termasuk yang mudah dicerna karena mengandung serat. Kemudian, dapat  membuat tekstur kotoran atau feses menjadi lebih lunak sehingga mempermudah proses BAB.  Namun, untuk informasi lebih lanjut mengenai menu buka puasa bagi pasien wasir lebih lanjut, silakan melakukan konsultasi dengan dokter spesialis gizi.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Pengaturan pola hidup yang sehat untuk penderita ambeien penentunya tidak hanya dari jenis makanan saja, tetapi juga kebiasaan buang air besar.

Bagi Anda yang memiliki riwayat ambeien, sebaiknya tidak mengejan terlalu sering dan menahan buang air besar. Kebiasaan tersebut akan membuat feses mengeras, sehingga akan terjadi gesekan antara kulit dalam anus dengan feses yang memicu wasir.

Selanjutnya adalah posisi buang air besar, posisi jongkok merupakan posisi yang baik ketika buang air besar.

Jangan lupa untuk tidak merokok, tidak minum-minuman beralkohol, dan rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Saat berpuasa seperti saat ini, Anda dapat mencoba berjalan santai. Olahraga dapat membantu merangsang gerakan usus sehingga kotoran akan mudah keluar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now