Menu Buka Puasa Sehat Untuk Ibu Hamil

Menu buka puasa bagi ibu hamil harus sangat diperhatikan karena bisa berdampak pada kesehatan bayi dalam kandungan maupun ibu sendiri.  Itulah sebabnya ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Nah, sebagai menu buka puasa sebaiknya pilihlah makanan sehat dan bernutrisi agar kesehatan ibu dan juga bayinya tetap terjaga serta kebutuhan nutrisi terpenuhi. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral seperti asam folat, vitamin D, zat besi, dan kalsium selama masa kehamilan.  Jadi, makanan apa saja yang sebaiknya yang dikonsumsi ibu hamil sebagai menu buka puasa? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil

1. Bayam Rebus

Bayam rebus mengandung asam folat alami yang baik untuk ibu hamil. Kandungan asam folat yang tinggi memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan juga bisa membantu mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

Asam folat alami pada bayam rebus sangat bermanfaat untuk dikonsumsi sebagai menu buka puasa untuk ibu hamil. Kandungan asam folat yang tinggi memiliki banyak khasiat untuk ibu hamil dan juga mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

Selain itu, bayam juga mengandung zat besi, sehingga dapat membantu mengurangi risiko anemia serta menurunkan tekanan darah. Nah, yang lebih penting lagi bayam juga memiliki manfaat membantu meredakan wasir yang biasa ibu hamil hamil alami.

Baca Juga: Konsumsi Sayuran Hijau Yang Baik Bagi Kesehatan

2. Jeruk

Buah berwarna orange ini  mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, sehingga bisa menjadi salah satu  menu buka puasa sehat untuk ibu hamil. Jeruk mengandung vitamin A, vitamin B1 dan B2, folat, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi. Selain itu  bisa juga membantu melawan infeksi, mengembangkan sistem imun, serta  membantu mengatasi alergi yang biasa ibu hamil alami.

3. Tahu

Pilihan menu buka puasa sehat selanjutnya adalah  tahu yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Manfaat tahu ini antara lain,  meningkatkan energi setelah puasa, membantu proses pembentukan tulang janin, mengobati gangguan pencernaan, membantu menurunkan hipertensi, dan juga  mengurangi kolesterol jahat. Agar tidak jenuh, Anda bisa mencoba berbagai kreasi makanan dengan olahan tahu, seperti sup, pepes tahu, perkedel tahu dan masih banyak lagi.

4. Salmon

Salmon merupakan makanan sehat yang sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Kandungan asam lemak omega 3 dari salmon bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu menyeimbangkan darah tinggi, pertumbuhan otak janin dalam kandungan, dan mengatur sistem metabolisme dalam tubuh. Cara mengonsumsinya bisa dengan cara memanggang atau menumis dengan olive oil  dan cincangan daun ketumbar.

5. Susu

Manfaat susu untuk ibu hamil adalah membantu memperbaiki plasenta, memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh, dan memperlancar ASI. Selain itu, juga untuk membantu pembentukan tulang pada janin, mengurangi risiko anemia dan sumber energi. Ibu hamil bisa meminumnya sebagai penutup makan malam.

6. Sayur-sayuran

Sayuran lainnya juga baik untuk menu buka puasa bagi ibu hamil karena kaya akan serat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membantu bayi tumbuh dengan baik.

7. Nasi Merah

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membantu  meningkatkan kembali energi dan membuat ibu kenyang lebih lama.

Baca Juga: Wasir pada Wanita Hamil, ini Solusinya

Perlu diketahui, ibu hamil cukup berisiko mengalami wasir, apalagi jika mencoba berpuasa dan kekurangan asupan serat dan mineral. Bagi ibu hamil yang sedang mengalami gejala wasir, berupa munculnya benjolan pada anus, BAB berdarah, dan munculnya rasa nyeri pada anus segera lakukan konsultasi dengan dokter. Ibu hamil bisa memeriksakan kondisi wasirnya di klinik Vena Wasir Center. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi 08119555100 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now