Panduan Diet Agar Tak Jadi Masalah Kesehatan

Orang yang melakukan diet memiliki tujuannya masing-masing. Jika tujuan Anda untuk menurunkan berat badan ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai diet Anda atau memilih jenis diet mana yang akan Anda ikuti. Berikut adalah panduan diet yang mungkin dapat membantu Anda tidak hanya menurunkan berat badan tapi juga untuk kesehatan.

Pilih makanan yang tepat

Panduan diet yang pertama, pemilihan jenis makanan yang tepat  menjamin kesuksesan diet. Anda dapat memulai dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Selain itu, hindarilah mengonsumsi makanan kemasan serta gorengan yang dapat menggagalkan diet sehat Anda.

Mengatur porsi makan

Diet yang sehat bukan berarti harus mengurangi porsi makan secara drastis. Kuncinya Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Ingat, menjaga asupan kalori tetap penting agar semua fungsi tubuh bisa terus berjalan optimal. Anda juga harus memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan.

Pastikan ada sumber karbohidrat (makanan pokok), lauk protein (hewani atau nabati), lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral dari lauk sayuran.

Anda dapat membagi 1 piring menjadi 4 bagian. Seperempat untuk daging atau sumber protein Anda, seperempat lagi untuk karbohidrat, dan dua perempat terakhir untuk sayuran hijau dan berwarna-warni. Untuk informasi yang lebih tepat dan terpercaya, Anda dapat melakukan konsultasi dengan ahli gizi.

Jangan melewatkan waktu makan

Banyak orang menganggap bahwa melewatkan waktu makan merupakan cara yang efektif untuk diet. Bagi Anda yang terbiasa makan satu hari 3 kali, lalu menguranginya menjadi satu hari menjadi dua kali atau satu kali. Cara ini kurang tepat untuk melakukan diet, bahkan mungkin bisa berisiko Anda mengalami masalah kesehatan. Melewatkan makan akan membuat Anda gampang merasa lapar dan gula darah naik atau turun drastis.

Tidak apa untuk makan 3 kali sehari asalkan dengan memerhatikan aturan porsi di atas. Terpenting adalah untuk menghindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi kalori, tinggi gula. Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan serat.

Kurangi gula dan garam

Membatasi mengonsumsi garam, gula, lemak trans, dan minyak, juga sangat penting.

Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga berkalori tinggi dapat berisiko buruk bagi tubuh. Ingat, makanan berkalori tinggi menjadi penyebab awal masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung.

Jadikan olahraga kegiatan rutin

Salah satu yang dapat membantu Anda berdiet adalah olahraga. Dengan olahraga dapat membakar kalori dalam tumbuhsekaligus membentuk otot.  Anda dapat menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutin dengan melakukannya minimal 30 menit setiap hari, seperti jalan santau atau jogging, bersepeda.

Jauhi kebiasaan buruk

Selain mengatur pola makan dan berolahraga, Anda juga dapat mulai dengan menjalani gaya hidup yang sehat misalnya tidak merokok, tidak minum alkohol, tidur cukup dan tidak begadang terlalu sering.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now