Penyebab Ambeien pada Penderita Usia Muda!

Penyebab ambeien bermacam-macam, meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai penyebab pastinya. Ambeien merupakan penyakit yang rentan dialami oleh para orang tua. Namun, jika sudah mengidap ambeien di usia muda, itu artinya ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering kamu lakukan dan menjadi salah satu penyebabnya.

Apa saja kebiasaan itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Kebiasaan yang bisa picu ambeien

            Umumnya, beberapa penderita yang mengidap ambeien secara rutin di usia muda adalah mereka yang melakukan kebiasaaan dan pola hidup yang tak sehat, seperti di bawah ini:

Bermain games seharian

Bermain games seharian memang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun, kamu harus waspada karena kebiasaan ini bisa jadi salah satu penyebab kamu sering terkena ambeien. Hal ini bisa terjadi karena, bermain games dengan posisi duduk selama berjam-jam menyebabkan tekanan pada sekitar bokong, sehingga dapat memicu penyakit ambeien.

Selain itu, menurut beberapa jurnal dan artikel kesehatan menyebutkan bahwa terlalu lama duduk akan menambah risiko sembelit. Faktor sembelit dan susah buang air besar inilah yang biasanya menjadi penyebab utama ambeien di usia muda.

Tak heran, pasien ambeien kini juga banyak terjadi pada mereka yang masih berusia muda. Untuk menyiasati ini, cobalah untuk mulai rutin melakukan olahraga setidaknya 30 menit selama satu hari.

Sering mengonsumsi makanan rendah serat

            Makanan berserat sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki metabolisme, mengurangi risiko diabetes dan mengurangi risiko kanker. Oleh sebab itu, tubuh membutuhkan banyak serat agar tetap sehat. Sebaliknya, jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan rendah serat, maka risiko sembelit sangat mungkin terjadi. Sembelit inilah biasanya menjadi penyebab utama kamu terkena ambeien. Nah, untuk kasus yang satu ini biasanya banyak dialami oleh para anak muda. Terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti wafel, permen, susu, kue, pasta, dan sejenisnya dapat menyebabkan kamu rentan terkena ambeien.

Jarang bergerak

            Kebiasaan bermalas-malasan yang sering anak muda lakukan juga menjadi salah satu penyebab ambeien loh. Jika kamu termasuk orang yang jarang melakukan aktivitas gerak tubuh, maka risiko terkena ambeien juga semakin besar. Hal ini dikarenakan, kurangnya aktivitas gerak tubuh membuat aliran darah menjadi terhambat, termasuk aliran darah sekitar bokong. Hal ini mampu picu penyakit ambeien. Selain itu, jarang bergerak juga meningkatkan risiko obesitas, dan sembelit. Kedua hal ini juga menjadi penyebab utama munculnya ambeien.

Nah, jika kamu terkena ambeien di usia muda bisa saja hal tersebut dipicu oleh budaya bermalas-malasan. Untuk itu, yuk mulai olahraga dari sekarang!

Terlalu lama duduk di toilet

            Menurut beberapa jurnal artikel kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan duduk berlama-lama di toilet bisa menyebabkan terjadinya ambeien. Apalagi jika kamu sering bermain gadget ketika melakukan buang air besar selama berjam-jam. Jika kamu sering melakukan ini, sebaiknya segera hentikan kebiasaan yang satu ini.

Pasalnya, kegiatan yang satu ini banyak menyebabkan dampak buruk terhadap tubuhmu, salah satunya adalah terpapar banyak bakteri, mata menjadi kering, dan risiko terkena ambeien. Terlalu lama duduk di toilet menyebabkan aliran darah menjadi terganggu disekitar bokong, hal ini akan memicu sembelit hingga terjadinya ambeien.

 

 

Nah itu dia beberapa kebiasaan-kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan sehingga kamu terkena ambeien di usia muda. Selain faktor di atas, beberapa orang juga terkena ambeien karena faktor genetik. Satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah risiko datangnya penyakit ambeien adalah dengan menjalankan pola hidup sehat dari sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now