Pengobatan Ambien Semarang

Pengobatan Ambien Semarang

Pengobatan Ambien Semarang

 

Pengobatan Ambien Semarang – Memiliki tubuh yang sehat merupakan impian bagi semua orang. Dengan memiliki tubuh dan fisik yang sehat, seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas kegiatan dengan lancar. Namun faktanya, ada berbagai kegiatan yang bisa membuat tubuh mengalami gangguan kesehatan. Banyak sekali aktivitas kebiasaan yang menimbulkan berbagai penyakit salah satunya ambeien. Informasi mengenai pengobatan ambeien tentunya dibutuhkan bagi penderita ambeien. Di bawah ini adalah informasi mengenai ambeien dan pengobatannya. Simak terus yaa!

Apasih ambien itu?

Ambeien atau hemoroid adalah pembengkakan pada bagian rektum (usus besar bagian akhir). Ambeien  menjadi salah satu permasalahan  kesehatan tubuh yang dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi lebih sering terjadi pada seseorang yang berusia lebih dari 50 tahun.

Ambeien terbagi menjadi dua jenis, yaitu ambien internal dan ambien eksternal. Hemoroid internal adalah pembengkakan yang terjadi di pembuluh darah dalam dubur yang tidak dapat terlihat dari luar. Sementara hemoroid eksternal adalah pembengkakan yang terjadi tepat pada dekat dubur, dan nampak dari luar. Ambeien jenis ini biasanya terasa nyeri. 

Faktor Pemicu Ambeien

Kondisi ambeien terjadi lantaran tekanan pada perut dan tungkai mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat  pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan dan meradang. Beberapa faktor pemicu ambeien yaitu:

  • Terjadinya  sembelit yang berkepanjangan membuat asupan serat hasil dari makanan mengalami kekurangan.
  • Beban berat akibat sering mengangkat 
  • Sering duduk dengan waktu yang panjang
  • Diare yang berkepanjangan
  • Buang air besar dengan mengejan
  • Muntah-muntah dan juga batuk yang terjadi dengan kurun waktu lama
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Hamil
  • Faktor keturunan

Selain beberapa faktor di atas, kondisi medis juga bisa memicu terjadinya ambeien. Berikut beberapa pemicu ambeien akibat dari kondisi medis:

  • Penyakit radang usus.
  • Menumpuknya cairan pada rongga perut.
  • Tulang belakang mengalami cedera
  • Kanker usus besar

Pendiangnosisan Ambeien 

Dalam mendiagnosis terjadinya ambeien, seorang dokter biasanya akan bertanya seputar gejala dan keluhan yang dirasakan. Selain itu, dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan pasien. Kemudian, pemeriksaan lebih lanjut terkait  apakah terdapat benjolan, pembengkakan, dan iritasi yang terjadi di sekitar anus.

Berdasarkan keparahannya, ambeien dibagi menjadi 4 tingkat yaitu;

  • Derajat I: pembengkakan yang terjadi dengan ukuran kecil dan akan nampak di dinding anus, namun tidak nampak dari luar anus
  • Derajat II: pembengkakan terjadi dengan ukuran lebih besar yang biasanya akan keluar dari anus saat seseorang tengah BAB. Namun pembengkakan ini akan masuk lagi setelah seseorang selesai BAB
  • Derajat III: pembengkakan dengan benjolan yang berukuran kecil dan menggantung pada anus, akan tetapi kondisi ini bisa didorong untuk masuk lagi.
  • Derajat IV: pembengkakan dengan benjolan berukuran besar dan menggantung pada anus dan kondisi ini tidak dapat didorong untuk masuk lagi.

Baca Juga : Wasir Akut Bisa Sembuh

Pengobatan Ambeien

Pengobatan Ambien Semarang – Penderita ambeien bisa melakukan pengobatan secara mandiri di rumah loh. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ambeien sendiri di rumah.

  1. Berendam di air hangat

Untuk alternatif pengobatan ambeien secara alami dan mudah yaitu berendam di dalam air hangat. Cara ini bisa dilakukan saat hendak mandi dengan memanfaatkan bak mandi. 

Ataupun seorang penderita ambeien duduk pada ember yang telah terisi air hangat dengan waktu kurang lebih 15 menit lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

Air hangat dapat membantu peningkatan aliran darah dan membantu pengecilan pada pembuluh darah yang  telah membengkak.

  1. Lidah buaya

Menghilangkan ambeien dapat dengan cara  mengoleskan lidah buaya pada permukaan anus yang terdapat ambeien. Hal ini terjadi lantaran lidah buaya memenuhi kandungan zat antiperadangan yang bisa meredakan peradangan akibat terjadinya ambeien.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan lidah buaya asli. 

  1. Garam epsom dan gliserin

Untuk menghilangkan rasa sakit akibat ambeien, bisa dengan cara mencampurkan garam epsom dengan gliserin.

Caranya pun juga cukup mudah yaitu kompres menggunakan kasa pada area yang mengalami peradangan. Untuk membuat alternatif sederhana ini cukup  campurkan dua sdm garam epsom dengan dua sdm gliserin.

Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah selesai dan dirasa cukup bisa bersihkan dengan air. Cara ini bisa dilakukan selama empat sampai enam jam sekali. 

  1. Witch hazel

Witch hazel memiliki kandungan yang bisa mengurangi rasa, gatal, sakit dan juga bisa mengatasi pendarahan akibat dari ambeien. Kandungan tanin dan minyak pada witch hazel dapat digunakan untuk membantu mengatasi peradangan akibat ambeien dan mencegah terjadinya pendarahan.

  1. Mengompres dengan es batu

Es batu bisa meredakan pembengkakan pada pembuluh darah dan membantu pengecilan jaringan ambeien. Cukup  kompres es batu menggunakan kain. Lakukan pengompresan pada area ambeien kurang lebih selama 10-20 menit. Ulangi cara ini sampai pembengkakan mengecil hingga merasa nyaman saat duduk.

  1. Rutin membersihkan anus

Jaga kebersihan sekitar anus saat mandi ataupun saat berendam dengan menggunakan air hangat.

Ketika ambeien sedang kambuh, sebaiknya tidak menggunakan sabun ataupun tisu dengan bahan dasar yang mengandung alkohol dan pewangi. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada benjolan akibat ambeien.

Ambeien merupakan pembengkakan atau pembesaran yang terjadi pada area anus. Untuk mengetahui penyakit ambeien sebaiknya untuk memeriksakan ke dokter. Anda bisa memilih Klinik Vena Wasir Center. Klinik ini beroperasi di kota Semarang dengan penerapan layanan pengobatan modern. Di Klinik ini Anda bisa mendapatkan penanganan wasir yang cepat dan akurat.

 

Baca Juga : Waspada Gatal Pada Wasir, Jangan Digaruk!

Call Center :
https://wa.me/6282110333310

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now