Apakah Ambeien Berdarah Dapat Sembuh Tanpa Operasi?

Apakah Ambeien Berdarah Dapat Sembuh Tanpa Operasi?

Apakah ambeien berdarah mengganggu aktivitas sehari-hari Anda? Beberapa penderita dengan mobilitas tinggi, mengalami kesulitan untuk melanjutkan kegiatan sehari-harinya. Biasanya kelompok pasien ini kesulitan menentukan hari untuk tindakan mengangkat tonjolan ambeien. Beberapa memutuskan untuk melakukan perawatan di rumah dan mengonsumsi obat-obatan agar rasa nyeri dan gatal masih tertahankan.

Gejala Ambeien

Apakah Ambeien Berdarah Dapat Sembuh Tanpa Operasi?

Secara visual, penyakit ini memang tidak terlihat oleh mata. Tonjolannya bisa saja berada di dalam anus atau area rektum, sedangkan untuk jenis eksternal, tonjolannya tertutup oleh pakaian dan hanya terlihat oleh dokter yang memeriksa atau seseorang dengan sengaja memperlihatkannya. Maka, berikut beberapa gejala yang perlu Anda kenali sebelum ambeien memburuk:

  • Kesulitan dan rasa sakit saat BAB dan mengejan

Bisa jadi kesulitan BAB yang Anda rasakan bukan hanya karena sembelit biasa, melainkan salah satu gejala wasir. Periksakan diri ke dokter secepatnya apabila sembelit dan rasa sakit terasa baik ketika BAB maupun mengejan.

  • Rasa gatal dan nyeri di area anus

Selain berhubungan dengan kebersihan area genital, rasa gatal di area anus bisa jadi pertanda Anda memiliki wasir. 

  • Tetesan darah segar setelah BAB atau tercampur dengan feses

Pendarahan selalu menjadi pertanda bahwa keadaan tubuh sedang tidak baik-baik saja. Jangan abaikan gejala ini meskipun pendarahan yang Anda alami hanya minimal.

Baca juga: Ternyata Ini Bahaya Komplikasi Wasir Pada Pria

Pengobatan Ambeien

Pasien dengan mobilitas tinggi yang belum bisa menemukan waktu yang tepat untuk melakukan tindakan, bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengurangi gejala dan memperlambat pertumbuhannya.

  • Konsumsi obat daun ungu

Saat ini sudah banyak obat herbal yang mengandung ekstrak daun ungu beredar di apotik umum. Ahli percaya ekstrak daun ungu dapat mengurangi bahkan menyembuhkan ambeien.

  • Mengurangi frekuensi duduk terlalu lama dan penggunaan bantal khusus ambeien

Hal ini dapat mengurangi tekanan pada area bokong sehingga gejala tidak memburuk serta menghindari infeksi meluas menjangkit jaringan lain yang sehat.

  • Konsumsi makanan tinggi serat dan perbanyak meminum air putih
Diet gizi seimbang selalu menjadi kunci utama untuk meringankan gejala berbagai penyakit tak hanya ambeien. Selain mengurangi sembelit dan menjaga agar area rektum tidak kering, berkurangnya berat badan dapat membantu mengurangi tekanan beban pada area bokong. 
  • Berendam dengan air panas

Rutin berendam dengan air panas atau hangat dapat mengurangi rasa gatal di area sekitar anus.

Perawatan secara Medis

Dalam beberapa kasus, seperti ambeien tingkat I dan II bisa sembuh dan mengempis dengan sendirinya menggunakan cara-cara di atas. Namun, tingkata IIi dan IV biasnya membutuhkan campur tangan pengobatan dan perawatan oleh tenaga medis. Beberapa pilihan metode modern pengangkatan ambeien, yaitu:

  • Radiofrekuensi
  • PILA
  • Laser

Ketiga metode ini menjami efektivitas 90% dengan rasa sakit dan resiko pasca tindakan yang minim. Selain itu, prosedurnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam dan tidak mengharuskan pasien untuk menjalani perawatan rawat inap. Anda yang memiliki jadwal padat dapat berkonsultasi di Vena Wasir Center. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

Baca juga: PERAWATAN PASCA OPERASI WASIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now