cara mengatasi ambeien

Cara Mengatasi Ambeien Agar Tidak Kambuh!

Cara mengatasi ambeien penting untuk penderita ketahui agar ambeien tidak menjadi lebih parah. Sayangnya, tak banyak yang tahu bagaimana mengatasi ambeien secara tepat dari segi medis. Seringkali banyak penderitanya lebih memilih menggunakan metode tradisional. Padahal, beberapa metode tradisional tersebut belum tentu terbukti dapat mengatasi ambeien dari segi medis loh. Untuk itu, konsultasi ke dokter ahli merupakan salah satu cara yang tepat agar, ambeien yang kamu alami dapat teratasi dengan tepat.

Namun ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rasa nyeri yang menyerang ketika ambeien dengan melakukan hal ini!

Cara atasi rasa nyeri

Cara mengatasi ambeien

Rasa nyeri umum penderita ambeien alami, biasanya rasa nyeri mulai terjadi pada penderita stadium 2, 3 hingga 4. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri, seperti:

  • Rendam duduk. Air panas terbukti efektif untuk mengurangi rasa nyeri akibat ambeien. Untuk itu, cobalah untuk rendam bagian pinggul dan pantat dengan air hangat selama 10 hingga 15 menit.
  • Mengoleskan benjolan dengan lidah buaya. Lidah buaya asli tanpa mengandung apapun juga efektif untuk mengurangi rasa sakit pada benjolan.
  • Mengoleskan minyak kelapa. Minyak kelapa juga mengandung pelembab alami yang dapat mengurangi rasa nyeri pada benjolan ambeien.
  • Mengoleskan cairan witch hazel pada area benjolan. Witch hazel sudah terkenal sebagai salah satu obat alami untuk mengurangi rasa nyeri pada ambeien.

Cara atasi BAB berdarah

Penyebab ambeien

Selain nyeri, BAB berdarah juga menjadi salah satu gejala ambeien yang umum penderita stadium 2,3 dan 4 alami. Ada beberapa cara untuk mengurangi perdarahan saat BAB, antara lain:

  • Tidak tegang saat BAB. Mengalami ketegangan saat BAB hanya akan memperburuk keadaan, untuk itu cobalah untuk tetap tenang.
  • Melakukan sitz bath atau rendam duduk selama 15 menit.
  • Konsumsi makanan berserat. Penyebab utama BAB berdarah adalah sembelit, untuk itu cobalah konsumsi makanan berserat.
  • Konsumsi obat pelunak tinja/feses. Perlu kamu ingat bahwa konsumsi obat-obatan sebaiknya mengikuti anjuran dokter ahli.

Cara atasi gatal saat ambeien

Cara mengatasi ambeien

Selain nyeri dan BAB berdarah, gatal pada area benjolan juga umum penderita alami. Apalagi jika benjolan sudah mulai semakin membesar. Penyebab utama gatal yang terjadi biasanya karena berkembangnya bakteri dan virus pada sekitar benjolan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa gatal, seperti:

  • Bersihkan area anus dengan lembut setelah BAB. Gunakan air hangat, hindari menggunakan tisu basah yang mengandung parfum dan anti-bakteri karena akan meningkatkan terjadinya iritasi.
  • Hindari konsumsi cokelat, makanan asam, pedas, minuman beralkohol, kopi, dan soda.
  • Gunakan pelembab, seperti petroleum jelly dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi pada anus.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi gejala-gejala ambeien yang sering terjadi penderitanya. Namun, perlu kamu ingat bahwa cara di atas hanya mampu mengurangi gejala pada ambeien. Untuk itu, segeralah konsultasi dengan dokter ahli agar ambeien dapat ditangani dengan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now