Daun Ungu Sebagai Obat Alami untuk Ambeien

Daun Ungu Sebagai Obat Alami untuk Ambeien

Pengobatan ambeien saat ini ada berbagai macam, salah satunya konsumsi daun ungu untuk meredakan dan mengobati gejala ambeien. Konsumsi obat penghilang nyeri secara berkala tentunya dapat menimbulkan rasa khawatir ya dengan efek sampingnya terhadap tubuh. Konsumsi obat-obatan herbal menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda pertimbangkan.

Daun Ungu

Daun Ungu Sebagai Obat Alami untuk Ambeien

Daun ungu (Graptophyllum pictum) atau biasa juga masyarakat sebut dengan daun handeuleum memiliki khasiat meredakan serta menyembuhkan gejala ambeien. Tanaman yang banyak tumbuh di daerah pedesaan ini dengan tinggi kurang lebih 2 meter, ekstrak daunnya bermanfaat sebagai obat ambeien. Saat ini sudah banyak beredar ekstrak daun ungu dalam bentuk kapsul di apotik dan toko obat.

Aturan umum konsumsi daun ungu, yaitu 3 kapsul dalam sehari atau 3 kapsul dalam 1 kali konsumsi. 

Daun ungu yang mengandung antioksidan, flavonol, tannin, coumarin, dan saponin memiliki fungsi untuk mencaharkan feses dan melancarkan BAB sehingga tidak terjadi gesekan dan infeksi yang meluas di area rektum atau anus. 

Sebelum Mengonsumsi Daun Ungu

Daun ungu sebagai obat herbal alami pasti membuat Anda merasa aman untuk mengonsumsinya. Namun, tetap saja konsumsi obat berlebih dari dosisnya dan mencampurkan dengan obat-obatan lainnya tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, dapat memperparah keadaan anda. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan daun ungu sebagai obat ambeien, perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

  • Apabila Anda memiliki alergi terhadap kandungan di dalam daun ungu, yaitu flavonol, tannin, coumarin, dan saponin. Anda bisa ke rumah sakit terlebih dahulu untuk memastikan ada tidaknya reaksi alergi terhadap kandungan-kandungan tersebut.
  • Apabila anda mengonsumsi obat-obatan, supleme, atau vitamin lain secara rutin, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini untuk menghindari reaksi penolakan dari obat-obatan yang sudah anda konsumsi terlebih dahulu.
  • Apabila anda ibu hamil atau menyusui, konsumsi daun ungu juga memerlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini karena belum ada jurnal atau penelitian yang menunjukkan efek samping daun ungu untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Konsumsi daun ungu sebelum atau sesudah makan dengan menggunakan air putih untuk menghindari reaksi penolakan.

Baca juga: Simak Obat Wasir Paling Ampuh, dari Alami Hingga Medis!

Masih Perlukah Pengobatan Lainnya?

Kapsul daun ungu sudah terbukti dapat mengurangi dan mengobati gejala ambeien sebagai obat herbal alami, namun tetap ada kemungkinan obat herbal ini bukan pilihan tepat bagi Anda. Segera konsultasikan dan berobat ke dokter atau professional apabila:

  • Anda memiliki alergi terhadap daun ungu.
  • Kondisi ambeien memperburuk setelah konsumsi daun ungu.
  • Konsumsi obat-obatan rutin memiliki reaksi penolakan dengan kandungan daun ungu.

Meskipun daun ungu belum secara pasti terbukti memiliki efek samping untuk tubuh, lebih baik untuk tetap berkonsultasi agar tidak terjadi reaksi alergi pada tubuh. Konsultasikan kepada dokter dan petugas medis profesional dan terpercaya di Vena Wasir Centre. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now