Mitos Ambeien yang Banyak Dipercaya, Apa Saja?

Mitos ambeien banyak beredar di masyarakat Indonesia karena kurangnya informasi mengenai penyakit yang satu ini.  Meskipun ambeien bukan penyakit mematikan. Namun jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, ambeien akan menyebabkan prolaps (benjolan keluar dengan sendirinya dari anus).

Prolaps bisa sangat berbahaya dan harus melakukan tindakan operasi. Nah, agar kamu tidak salah menangani penyakit ambeien ini, yuk simak beberapa mitos yang salah namun banyak dipercaya orang di bawah ini!

 Mitos Ambeien di Masyrakat

Beberapa informasi yang beredar mengenai ambeien ini ternyata hanya mitos belaka yang harus kamu cek ulang kebenarannya, apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Ambeien bisa sembuh dengan sendirinya

Mitos yang satu ini banyak beredar pada masyarakat Indonesia. Sehingga menyebabkan banyak penderita yang tidak melakukan tindakan lebih lanjut ketika terkena ambeien, bahkan meskipun ambeien tersebut sudah semakin parah.

Meskipun pada beberapa kasus memang ambeien dengan tingkat ringan mampu sembuh dengan sendirinya. Namun, bukan tidak mungkin jika ambeien tersebut akan muncul kembali setelah satu minggu menghilang. Jika terjadi kondisi seperti ini, artinya ambeien kamu belum benar-benar sembuh, untuk itu segera berikan pengobatan atau konsultasikan ke dokter ahli.

Hal ini penting dilakukan agar ambeien tidak menjadi kronis dan tidak menimbulkan komplikasi lebih lanjut.

Ambeien tanda dari tumbuhnya kanker usus

          Beberapa orang percaya bahwa munculnya ambeien merupakan tanda bahwa penderita terkena penyakit kanker usus. Meskipun memang ambeien ini biasanya terletak di penghujung usus (rektum) namun, munculnya ambeien tidak ada hubungannya dengan kanker usus.

Ambeien biasanya disebabkan oleh kegiatan yang menyebabkan tekanan pada bagian bokong dalam waktu yang cukup lama. Seperti terlalu lama duduk, sering mengejan saat buang air besar, hingga terlalu sering mengangkat beban berat. Kegiatan tersebutlah yang biasanya menyebabkan ambeien pada kebanyakan orang. Jadi, ambeien tidak ada hubungannya dengan kanker usus sama sekali yah!

Makan pedas picu ambeien

Masyarakat Indonesia percaya bahwa mengonsumsi makanan pedas mampu sebabkan ambeien. Hal ini terjadi karena kebanyakan orang menganggap bahwa ambeien merupakan masalah yang terjadi pada metabolism tubuh. Dalam beberapa penelitian ilmiah menyebutkan bahwa, tidak ada hubungannya konsumsi makanan pedas dengan munculnya ambeien. Beberapa pasien yang mengidap ambeien pun tidak menunjukan gejala yang memperparah kondisi ambeien meskipun mengonsumsi makanan pedas.

Jadi, untuk kamu para pecinta pedas kamu tetap bisa loh mengonsumsi makanan pedas meskipun dalam kondisi mengidap ambeien. Walaupun begitu, tetap konsumsi dengan jumlah normal saja agar tidak menyebabkan penyakit metabolisme lainnya!

Tidak boleh banyak gerak ketika ambeien

Rasa sakit dan nyeri ketika beraktivitas berat bagi penderita wasir, membuat mereka enggan untuk bergerak. Namun bukan berarti mereka tidak boleh berolahraga. Gaya hidup yang sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat mampu menyembuhkan ambeien dan mencegah kambuhnya ambeien loh!

Kamu bisa memilih olahraga yang ringan yang tidak banyak mengejan dan duduk, seperti jogging, berjalan cepat, berenang, atau olaharaga jenis lainnya. Dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan perbanyak minum air putih maka ambeien akan cepat sembuh dan tidak akan kambuh lagi!

 

Nah, itu dia beberapa mitos yang selama ini banyak dipercayai oleh masyarakat. Jadi, sekarang kamu sudah tahukan informasi yang benar mengenai ambeien? Untuk itu, tetap jaga pola hidup sehat agar terhindar dari ambeien ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now